Kompetensi profesional guru pedidikan agama Islam di sekolah Menengah Atas Ma'arif 45 Kec. Plumpang Kab. Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munif, M. (2010) Kompetensi profesional guru pedidikan agama Islam di sekolah Menengah Atas Ma'arif 45 Kec. Plumpang Kab. Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Munif_D21206263.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling dominan dalam kehidupan Pada hakekatnya pendidikan adalah "life is education and education is life". Guru merupakan komponen pendidikan yang sangat dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini disebabkan karena guru adalah orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran di sekolah. Agar proses pembelajaran berkulitas maka guru-gurunya juga harus profesional. Guru yang dikatakan kategori profesional akan lebih menghasilkan output yang berkualitas dari pada guru yang standart. Sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Ma'arif 45 Plumpang Tuban. Adapun rincian rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: a). Bagaimana Profesionalitas Guru Agama Islam di SMA Ma'arif 45 Plumpang Tuban? b). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profesionalitas guru pendidikan agama Islam di SMA Ma'arif 45 Plumpang Tuban? Untuk menjawab permasalahan diatas, metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan, metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisa data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisa deduktif dan induktif. Dari basil penelitian tersebut diperoleh jawaban bahwa keprofesionalan guru agama Islam SMA Ma'arif 45 Plumpang Tuban, baik dan sesuai dengan teori. Hal ini terlihat dari basil observasi yaitu guru profesional yang mempunyai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Peneliti mengamati tentang penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Faktor-faktor yeng mempengaruhi profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Ma'arif 45 Kee. Plumpang Kah. Tuban adalah Pengetahuan dan ketrampilan tentang membuat persiapan mengajar, pengetahuan tentang media dan alat-alat pengajaran, pengetahuan tentang basil belajar, membuat persiapan mengajar, melaksanakan pengajaran di kelas dan melakukan pengukuran basil atau evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa. Maka penulis dapat menyarankan bagi kepala sekolah diharapkan dapat terus berupaya meningkatkan kemampuan para tenaga yang ada demi tercapainya tujuan pendidikan dan bagi para guru dibapkan terus berusaha meningkatkan kemampuan profesinya. Hendaknya lebih meningkatkan keterlibatanya dalam menangani siswa yang bertindak asusila terutama pada aspek bimbingan yang dilakukan oleh para guru agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munif, M.--D21206263
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
TeacherRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
Subjects: Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; guru profesional; pedidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:22
Last Modified: 19 Feb 2020 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39137

Actions (login required)

View Item View Item