Penggunaan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI bidang Akhlak Kelas XI di SMKN 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Yuni Indah (2010) Penggunaan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI bidang Akhlak Kelas XI di SMKN 3 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuni Indah Lestari_D01206203.pdf

Download (4MB)

Abstract

Usaha dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia memerlukan banyak faktor atau strategi yakni dengan salah satunya dengan penggunaan modul. Karena modul lebih efek.tif, efisien dan relevan dibanding dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan dari pennasalahan di atas maka peneliti mencari sejauh mana pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAl. Ada tiga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana penggunaan modul pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bidang akhlak kelas XI di SMKN 3 Surabaya, kedua, bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran PAI bidang akhlak di SMKN 3 Surabaya, ketiga, Adakah pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar PAI bidang akhlak di SMKN 3 Surabaya. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian sampel. Sebab peneliti tidak mengambil seluruh kelas XI di SMKN 3 Surabaya tetapi hanya mengambil 2 kelas dari kelas XI yakni kelas XI TGB 2 sebanyak 32 siswa dan kelas XI TGB 3 sebanyak 34 siswa. Kemudian dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpalan data yang berbentuk observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Adapun teknik observasi digunakan untuk mengetahui pemahaman guru dalam pelaksanaan penggunaan modul dalam proses belajar mengajar, kemudian tehnik wawancara digunakan untuk menggali informasi pemahaman guru tentang penggunaan modul, wawancara ini ditujukan kepada guru PAI kelas XI TGB 3. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kelembagaan sekolah. Angket untuk mengetahui respon siswa tentang penggunaan modul. Yang terakhir yakni teknik tes untuk mengetahui pengetahuan tingkat pemahaman siswa terhadap penggunaan modul. Dari hasil penelitian, terbukti bahwa terdapat penggaruh penggunaan modul mata pelajaran PAI bidang akhlak kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya adalah baik terbukti nilai "t" tabel lebih kecil dari "t" hitung yakni 2,28 < 2,65.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Yuni Indah--D01206203
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHuda, Mustofa----
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Modul belajar; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:29
Last Modified: 18 Feb 2020 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39133

Actions (login required)

View Item View Item