Efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Gerak Irama dalam pembentukan akhlak anak Tunalaras di SDN II Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekawati, Eni (2010) Efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Gerak Irama dalam pembentukan akhlak anak Tunalaras di SDN II Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eni Ekawati_D21206290.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena berdasarkan fenomena yang ada bahwa minimnya metode dan media yang digunakan di sekolah-sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam anak berkelainan khususnya anak tunalaras yang disesuaikan dengan kondisi mereka agar mendapat kualitas pendidikan yang baik serta dapat menjadi peserta didik yang mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan dari penelitian skripsi ini adalah: (1) bagaimana pembelajaran pendidikan agama islam berbasis gerak irama di SDN II Driyorejo Gresik, (2) bagaimana membentuk akhlak/perilaku anak tunalaras di SON II Driyorejo Gresik, (3) bagaimana efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis gerak irama dalam pembentukan akhlak anak tunalaras di SDN II Driyorejo Gresik. Dilihat dari judul yang penulis teliti, maka penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena yang terjadi yang dapat diamati dari kata-kata tertulis maupun dari lisan orang-orang yang menjadi obyek penelitian. Dan dalam teknik pengumpulan datanya menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode induktif yang digunakan dalam kajian empiris atau lapangan sedangkan dalam kajian pustakanya menggunakan metode deduktif. Kesimpulan dari basil penelitian ini adalah dari rumusan masalah yang pertama yaitu pembelajaran pendidikan agama islam berbasis gerak irama di SDN II Driyorejo gresik yang tergolong cukup efektif Dalam artian bahwa media gerak irama sudah cukup baik untuk menyampaikan materi sesuai dengan kondisi (sosial dan emosi) peserta didik, akan tetapi tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan media gerak irama. Sedangkan untuk kesimpulan rumusan masalah yang kedua yaitu tentang membentuk akhlak anak tunalaras di SON II Driyorejo Gresik dikatakan cukup baik. Selanjutnya untuk kesimpulan rumusan masalah yang ketiga yaitu tentang efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam berbasis gerak irama dalam pembentukan akhlak anak tunalaras di SDN II Driyorejo tergolong cukup efektif, karena telah bisa mempennudah proses belajar mengajar pada anak tunalaras yang notabennya mereka mempunyai hambatan dalam emosionalnya maupun sosialnya. Selain itu pembelajaran pendidikan agama islam berbasis gerak irama juga dapat membentuk akhlak yang baik anak tunalaras di SON II Driyorejo Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekawati, Eni--D21206290
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran pendidikan agama Islam; Pembelajaran berbasis Gerak Irama; pembentukan akhlak; anak Tunalaras
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:56
Last Modified: 18 Feb 2020 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39131

Actions (login required)

View Item View Item