Pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan agama Islam model Problem Based Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayah, Konik Afifah (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan agama Islam model Problem Based Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Konik Afifah Nurhidayah_F12317298.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan dengan berbagai metode atau model pembelajaran. Problem-Based Learning dengan pendekatan kontekstualsebagai model pembelajaran berbasis masalah memiliki dampak positif terhadap capaian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PAI kelas II SDI Al-Muttaqin Driyorejo khususnya pada materi tentang Tata Cara berwudhu dan do’a dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul PAI yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3,52 yang berarti baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. RPP PAI yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai “efektif” dengan nilai rata-rata sebesar 3,75. Aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan RPP PAI telah memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase rata-rata 85,9%. Respon siswa terhadap pengembangan RPP PAI telah memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase rata-rata respon positif siswa sebesar 93,94%. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan RPP PAI telah memenuhi kriteria “efektif” dengan nilai tes belajar 25 siswa mengalami peningkatan 0,46 kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayah, Konik Afifahkonikafifah8@gmail.comF12317298
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherHamdani, A. Saepulkonikafifah8@gmail.com2031076501
Subjects: Agama
Contextual Teaching and Learning
Pendidikan Islam
Keywords: Pengembangan; kemampuan berpikir kreatif
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayah Konik Afifah Nur
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:52
Last Modified: 05 Feb 2020 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39089

Actions (login required)

View Item View Item