Peran Dinas Koperasi dalam pengembangan UMKM Unggulan di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bohori, Muhamad (2019) Peran Dinas Koperasi dalam pengembangan UMKM Unggulan di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Bohori_G71215023.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39088

Abstract

Ada sebauh persoalan yang akan dikaji oleh penulis dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana Peran Dinas Koperasi dalam Pengembangan UMKM Unggulan di Jawa Timur. Dalam persoalan tersebut, penulis menggunakan pendekatan deskriptif, yang berguna untuk mengungkapkan fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan untuk memaparkan dan menggambarkan Peran Dinas Koperasi dalam Pengembangan UMKM Unggulan di Jawa Timur dalam hal ini di Surabaya. Sesuai dengan hal tersebut, maka tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa peran Dinas Koperasi sangat penting bagi pengembangan dan pembangunan dalam sektor ekonomi, karena peran dan dukungan pemerintah dapat merumuskan kebijakan untuk langkah awal yang akan diambil guna melaksanakan pembangunan dalam sektor ekonomi. Dalam penelitian ini penulis mengklasifikasikan menjadi 3 macam bentuk dari peran Dinas Koperasi yaitu; peran Dinas Koperasi sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator. Bertilik tolak dari penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Dinas Koperasi agar lebih mengoptimalkan lagi dalam aspek permodalan, karena para pelaku usaha masih ada yang kebingungan dalam hal modal terutama pada sistem KUR dan juga minimnya perluasan pinjaman modal dari Bank yang belum terakses kepada para pelaku usaha. Untuk para pelaku usaha agar lebih meningkatkan produk UMKM nya dan mengembangkan usahanya dengan cara memberikan inovasi-inovasi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bohori, Muhamadbohorimuhammad@gmail.comG71215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AbdulUNSPECIFIED2006088001
Subjects: Wirausaha
Keywords: DinasKoperasi; UMKM Unggulan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:21
Last Modified: 29 Jan 2020 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39088

Actions (login required)

View Item View Item