Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lastyo, Sonny (2019) Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sonny Lastyo_G71215039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Sidoarjo” penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi UMKM pada penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara secara langsung dengan informan, sedangkan data sekunder didapatkan dari dokumentasi, BPS, DISPERINDAG Kabupaten Sidoarjo, dan DINKOP dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari wawancara dengan informan menunjukkan bahwa dari beberapa kecamatan yang diteliti UMKM dapat menyerap tenaga kerja secara signifikan. Seperti data primer yang didapat di Desa Wedoro Kecamatan Waru, Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati, dan Kecamatan Tanggulangin: menunjukkan hasil yang signifikan untuk penyerapan tenaga kerjanya. Selain itu beberapa perangkat desa juga menyatakan bahwa dengan adanya UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan serta meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Dari data sekunder juga menunjukkan bahwa UMKM memberikan kontribusi pada penyerapan tenaga kerja. Maka disini peran UMKM ialah menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, dan meningkatkan kesejahteraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lastyo, Sonnysonnylastyo979@gmail.comG71215039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNurlailah, NurlailahUNSPECIFIED2022056201
Subjects: Wirausaha
Tenaga Kerja
Uncontrolled Keywords: UMKM; Tenaga Kerja; Kesejahteraan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:03
Last Modified: 29 Jan 2020 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39087

Actions (login required)

View Item View Item