Penguatan integritas guru PAI melalui program keagamaan di SMK Plus Nahdlatul Ulama Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haji, Moch Son (2019) Penguatan integritas guru PAI melalui program keagamaan di SMK Plus Nahdlatul Ulama Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Son haji_F02317086.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kewibawaan guru PAI mengalami kemunduran, hal ini terlihat dari integritasnya yang semakin menurun. Karena tanpa integritas yang tinggi atau maksimal, maka guru tersebut tidak lagi menjadi tauladan bagi peserta didiknya. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka sangat diperlukan penguatan untuk integritasnya dengan melalui program keagamaan yang secara rutin dilakukan di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk mengetahui pelaksanaan program keagamaan yang sebagai penguatan integritas guru PAI di SMK Plus Nahdlatul Ulama Kabupaten Sidoarjo. Sumber data penelitian ini menggunakan purposive, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu Sedangkan metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara secara mendalam, obesrvasi dan dokumentasi. Adapun analisa datanya mengunakan sebagaiman konsep Miles dan Huberman, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Melalui proses tersebut, maka hasil penelitian ini adalah bahwa melalui program keagamaan yang dilaksanakan secara rutin ini membuat integritas guru PAI semakin meningkat. Namun meningkatnya integritas tersebut, tidak dialami oleh semua guru PAI. Karena kurang maksimalnya atau rendahnya kesadaran hati dari sebagian guru tersebut. Maka diperlukan intropeksi diri agar dapat memaksimalkan kesadaran hati tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haji, Moch Sonm0ch50nh4ji@gmail.comF02317086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: moch son haji
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:59
Last Modified: 05 Feb 2020 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39080

Actions (login required)

View Item View Item