Tinjauan hukum Islam terhadap kerjasama bisnis Advertising pada Google Adsense di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Rikza (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap kerjasama bisnis Advertising pada Google Adsense di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikza Zakiyah_C02215061.pdf

Download (865kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Bisnis Advertising Google AdSense di Youtube”. Skripsi ini disusun berdasarkan tujuan menjawab pertanyaan suatu masalah, yakni meliputi; (1) Bagaimana mekanisme akad kerjasama bisnis advertising pada google adsense di youtube? (2) Bagaimana analisis Musharakah terhadap bisnis advertising pada google adsense di youtube? Dalam mengumpulkan data yang ada, metode yang digunakan adalah field research dengan mengumpulkan data dari sejumlah wawancara dengan pihak yang terkait dan pengumpulan dokumentasi yang selanjutnya data dibangun serta dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yakni tentang mekanisme akad kerjasama bisnis advertising pada google adsense di youtube. Lalu output dari penelitian ini adalah analisis yang diuraikan dengan berpijakan pada hukum Islam tentang skema akad musharakah yang terjalin antara pembuat konten dengan penyedia iklan. Pada kerjasama advertising yang dimaksud, peneliti mengidentifikasi adanya unsur gharar atau adanya ketidak jelasan pada spesifikasi iklan yang akan ditampilkan yang terjalin pada skema bisnis penampil iklan pada sebuah konten di youtube yang diakibatkan tidak adanya spesifikasi iklan yang ditampilkan. Sebab, seluruh iklan yang ditampilkan merupakan wewenang penuh dari penyedia layanan penampil iklan, yakni Adsense. Sedangkan pembuat konten yang mengunggah kontennya hanya terbatas pada menyediakan ruang iklan dan memilih tata letak di mana iklan tersebut akan ditampilkan pada kontennya. Sebab, dalam Islam bisnis seharusnya dapat dijaga dari hal-hal yang bersifat gharar agar tidak ada pihak yang menaggung beban akibat adanya konten iklan yang berisikan iklan yang negatif. Sehingga pada kesimpulannya, meski bisnis semacam ini dapat direkomendasikan bagi pebisnis multimedia namun dengan adanya unsur gharar tersebut dapat memengaruhi keabsahan sebuah bisnis. Dengan begitu seharusnya skema yang dijalankan harus menjadi lebih spesifik lagi agar keseluruhan isi dari kerjasama tersebut tampak transparan bagi kedua belah pihak yang bersangkutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Rikzarikza230@gmail.comC02215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam > Musyarakah
Hukum > Hukum Perdata Islam
Uncontrolled Keywords: Kerjasama bisnis; Advertising; Google Adsense; Youtube
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rikza Zakiyah
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:57
Last Modified: 17 Jan 2020 01:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39045

Actions (login required)

View Item View Item