Analisis hukum Islam terhadap jual beli Flash Sale di Tokopedia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadila, Nur (2019) Analisis hukum Islam terhadap jual beli Flash Sale di Tokopedia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fadila_C02215057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Di dalam tubuh Tokopedia ini Terdapat permasalahan yang terjadi ketika flash sale berlangsungnya pada tanggal 15-17 agustus 2018 yakni, seperti persediaan barang di laman flash sale yang tidak ada kejelasan barang mana saja yang telah sold out dan masih available (ada). Yang kedua dinyatakan gagal melakukan transaksi pemesanan sebab barang tiba-tiba habis. Yang terakhir kekeliruan dalam sistem pembayaran, yakni dinyatakan telah tertagih melakukan pembelian barang pada kartu kredit akan tetapi mekanisme gagal menurut Tokopedia. Setelah diteliti ternyata Pelanggaran ini disebabkan oleh karyawan Tokopedia yang membaur menjadi konsumen sehingga hak konsumen yang sesungguhnya terhalang. Dan mengakibatkan sistem dalam flash sale ini tidak terkontrol dan tidak diperhatikan betul hingga mengakibatkan tidak terupdatenya produk-produk yang telah terjual dan terjadi miss system dalam pembayarannya. (2) Dalam tinjauan hukum Islam ini jika dikaji rukun dan syarat jual beli maka tidak bertentangan dengan hukum Islam, baik dari segi orang yang berakad, sighat (lafal ijab dan kabul), nilai tukar barang, dan tentunya barang atau jasa yang jadi objek transaksi adalah halal, bukan yang bertentangan dengan al-quran dan Hadist. Hanya saja pihak Nakama telah melakukan Fraund / kecurangan. Sehingga para pelakunya seharusnya mengembalikan barang-barang atau produk yang telah dibelinya untuk mengembalikan hak-hak konsumen lainnya yang telah terampas oleh para Nakama. Akan tetapi kecurangan yang telah dilakukan oleh Nakama tersebut tidak menjadikan Jual beli ini batal alias Sah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadila, NurFadhyelasyakieb@gmail.comC02215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutiatulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual beli; Flash Sale; Tokopedia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Fadila
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:51
Last Modified: 16 Jan 2020 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39028

Actions (login required)

View Item View Item