Ayat-Ayat Konservasi Lingkungan: telaah Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka dan Tafsir Al Misbah karya M. Quraisy Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munaji, Munaji (2019) Ayat-Ayat Konservasi Lingkungan: telaah Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka dan Tafsir Al Misbah karya M. Quraisy Shihab. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munaji_F02517175.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tesis ini membahas tentang pemikiran Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) dan M. Qurais Shihab tentang Ayat-Ayat Konservasi Linkungan yang tercantum di dalam kitabnya, yakni kitab tafsir al-Azhar dan Al-Misbah. Tokoh tersebut dipilih karena merupakan pakar di bidang penafsiran al-Qur’an yang dimiliki Indonesia. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan Ayat-Ayat Konservasi Lingkungan yang terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 11-12, Al-Qashah ayat 77, Surat Ar-Rum Ayat 41, dan Surat Al-Baqarah Ayat 30. Sementara metode yang digunakan dalam menyusun tesis ini adalah dengan menggunakan kajian kepustakaan (library research) dan analisis isi (content analysis). Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode tafsir mawdu’i sebagai alat analisa, yaitu mengumpulkan ayat al-Qur’an yang memiliki makna yang sama, lalu dianalisis secara kritis dan mencari sisi persamaan serta hal-hal yang belum dibahas. Setelah dilakukan kajian di atas, peneliti menemukan: 1. Terminology konsep konservasi lingkungan dalam al-Qur’an menggunakan istilah Muslih (Menjaga, Melindungi, dan Memperbaiki) yang merupakan lawan dari kalimat Mufsid (Rusak). 2. Penafsiran ayat-ayat konservasi lingkungan menurut Hamka dalam tafsir al-Azhar yaitu yang disebut merusak dalam al-quran adalah segala perbuatan yang akan merugikan orang lain. Sementara M. Quraish Shihab berpendapat bahwa seseorang dituntut paling tidak menjadi shaleh, yakni memelihara nilai-nilai sesuatu sehingga kondisinya tetap tidak berubah sebagaimana adanya. Dengan demikian sesuatu itu tetap berfungsi dengan baik dan bermanfaat. 3. Buya Hamka dan M. Quraish Shihab menjelaskan pula surat Al-Baqarah ayat 30 tentang manusia sebagai Khalifah di bumi. Kajian ini merupakan titik awal dari kajian konsep konservasi lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan kajian lebih lanjut untuk dapat mengetahui sejauh mana peran dan konsep konservasi lingkungan dalam al-Qur’an, diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dalam mencapai tujuan negara yaitu masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munaji, MunajiPangestohaji@gmail.comF02517175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Munaji Munaji
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:26
Last Modified: 16 Jan 2020 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39022

Actions (login required)

View Item View Item