Evaluasi Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada Pustipd UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Indra Cahya (2019) Evaluasi Manajemen Layanan Teknologi Informasi pada Pustipd UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indra Cahya Putra_H06215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pusat Sistem Teknologi Infomasi danaPangkalan Data atau PUSTIPD merupakan salah satu unit kerja yang dimiliki UIN Sunan Ampel Surabaya yang bertugas mengatur segala sesuatu mengenai teknologi informasi dan pengolahan data yang dibutuhkan. Sejalan dengan pengembangan yang sedang dilakukan, sebelumnya telah ada penelitian yang melakukan penilaian berdasarkan kepuasan layanan untuk mengidentifikasi berapa nilai yang dicapai PUSTIPD pada layanan yang diberikan. Namun belum ada penelitian yang menilai secara langsung sejauh mana PUSTIPD mampu mencapai target dan maksimalnya layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas pada manajemen teknnologi informasi saat ini dan yang diharapkan serta penyusunan rekomendasi guna menyelaraskan manajemen teknologi informasi dari PUSTIPD. Metode yang dilakukan menggunakan kerangka kerja COBIT5. Penelitian memanfaatkan aspek penelitian terdahulu untuk dijadukan acuan dalam pengukuran. Dari situ dilakukan pemetaan menggunakan RACI chart dengan hasil domain IT Proses yang didapat adalah EDM04, APO01, APO04, DSS01, DSS03 dan MEA01. Dari hasil penelitian, diketahui dari 7 domain IT Proses 2 domain berada pada level 1 (performed) dan 5 domain yang lain berada pada level 2 (manage), dimana level kapabilitas yang diharapkan mencapai level 3 dan level 4, yang artinya PUSTIPD belum mengimplementasikan proses yang didefinisikan atau gagal untuk mencapai tujuan dari proses tersebut. Dalam penelitian ini disusun rekomendasi yang bertujuan untuk meningkatkan proses kapabilitas agar mencapai tingkat kapabilitas yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Indra Cahyaicputra96@gmail.comH06215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Subjects: Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Informasi
Keywords: COBIT 5; RACI chart; Tingkat Kapabilitas
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Indra Cahya Putra
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:45
Last Modified: 15 Jan 2020 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39021

Actions (login required)

View Item View Item