Tinjauan Fiqh Siyasah dan Permendes PDTT Nomor 3 Tahun 2015 tentang pendampingan desa terhadap peranan pendamping desa di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iqbal, Mochammad Rofiqul (2019) Tinjauan Fiqh Siyasah dan Permendes PDTT Nomor 3 Tahun 2015 tentang pendampingan desa terhadap peranan pendamping desa di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Rofiqul Iqbal_C95215056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif tentang “Tinjauan Fiqh Siyâsah dan Permendes, PDTT Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pendampingan Desa terhadap peranan pendamping Desa di Desa Keboan Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana Peranan Pendamping Desa dalam pembangunan Desa di Desa Keboan? dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyâsah dan Permendes, PDTT Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa terhadap peranan Pendamping Desa di Desa Keboan?.Data penelitian diperoleh melalui membaca norma-norma, aturan tentang peranan pendamping desa, serta wawancara untuk memverifikasi tentang peranan pendamping desa di Desa Keboan. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan disimpulkan dengan pola pikir deduktif yaitu metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Pendamping desa adalah kegiatan untuk melakukan tindakan pemberdayaan masyarakat melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan dan fasilitasi desa. Misi besar pendamping desa adalah pemberdayaan masyarakat desa menjadi maju, kuat, mandiri dan demokratis.Berdasarkan kesimpulan diatas, Pendamping desa menjembatani masalah administrasi desa yang belum sesuai dengan aturan-aturannya. Karena factor SDM perangkat desa yang belum merata menyebabkan hambatan-hamabatan administrasi desa belum sesuai, oleh karena itu pendamping desa bergerak untuk membantu memfasilitasi dan memonitoring. Sekaligus membantu perangkat desa untuk berbenah kekurangan-kekurangan apa yang ada didesa agar pembangunan desa tidak tertinggal dengan desa lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iqbal, Mochammad Rofiquliqbaljombang770@gmail.comC95215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Fiqh Siyasah; Permendes PDTT; pendampingan desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mochammad Rofiqul Iqbal
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:33
Last Modified: 15 Jan 2020 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39014

Actions (login required)

View Item View Item