Penggunaan Sukuk untuk pembangunan daerah pasca bencana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pohan, Nadilla Pohan (2019) Penggunaan Sukuk untuk pembangunan daerah pasca bencana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhra Nadilla Pohan_G74215119.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Sukuk untuk Pembangunan Daerah Pasca Bencana.” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana sukuk dapat membantu dalam pembangunan pada daerah pasca bencana. Indonesia adalah negara yang rentan terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami karena posisi geografisnya. Bencana tersebut berdampak pada infrastruktur yang terdapat didaerah lokasi bencana. Sehingga, pemerintah melakukan rekonstruksi infrastruktur dengan biaya yang cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dana yang dibutuhkan dari kerugian dan kerusakan akibat bencana gempa pada daerah Jogja-Jawa Tengah, Sumatera Barat-Bengkulu melalui instrumen sukuk sebagai solusi untuk pembangunan pada daerah terkena bencana. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi literatur berupa Sukuk Istishna’-Ijarah untuk Pembangunan Daerah Pasca Bencana. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis isi untuk mengetahui jawaban dari permasalahan. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri literatur baik bukuk,jurnal,artikel dan media literasi lainnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Sukuk Istishna’-Ijarah untuk Pembangunan Daerah Pasca Bencana dapat mengcover keseluruhan dana yang dibutuhkan untuk pembiayaan pembangunan kembali daerah Jogja-Jawa Tengah, Sumatera Barat-Bengkulu dengan terhimpun dana sebesar Rp 4 Triliun dengan jangka waktu 5 tahun dan asumsi kupon nilai pasar tertinggi 8% yang dibiayai hanya sektor milik pemerintah yang bisa menghasilkan manfaat untuk masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan Sukuk Istishna’-Ijarah bisa menjadi salah satu solusi untuk pemerintah dalam hal pembiayaan pembangunan kembali untuk daerah terkena bencana yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan bisa mengurangi hutang luar negeri dalam pembangunan nasional di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pohan, Nadilla Pohanzuhranadillap@gmail.comG74215119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Obligasi
Pembangunan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pohan Zuhra Nadilla
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:05
Last Modified: 15 Jan 2020 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39009

Actions (login required)

View Item View Item