Analisis Maṣlaḥah Mursalah dan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 13/29/DPNP terhadap Layanan Nasabah Priority pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyowati, Evy Wahyu (2019) Analisis Maṣlaḥah Mursalah dan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 13/29/DPNP terhadap Layanan Nasabah Priority pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evy Wahyu Setyowati_C02215018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Maṣlaḥah Mursalah dan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 13/29/DPNP Terhadap Layanan Nasabah Priority Pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung” yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana layanan nasabah priority pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung dan bagaimana analisis maṣlaḥah mursalah dan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 13/29/DPNP terhadap layanan nasabah priority pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung? Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Selanjutnya data yang dikumpulkan disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif anaisis dan dengan pola pikir diduktif. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa: pertama, layanan nasabah priority pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung yaitu layanan ritel yang diberikan kepada nasabah yang memiliki Portofolio dana 500 Juta yang di handle oleh petugas khusus yaitu seorang Priority Banking Officer dengan ruangan khusus yang memberi kemudahan dan kenyamanan pelayanan serta fasilitas dalam bertransaksi yang sifatnya lebih cepat dan lebih mudah prosedurnya dari yang didapatkan oleh nasabah regular; kedua, Praktik layanan nasabah priority pada Bank Syariah Mandiri KCP Wiyung telah sesuai dengan teori maṣlaḥah mursalah karena kontribusi yang diberikan oleh nasabah priority lebih besar daripada nasabah regular maka sepantasnya jika nasabah priority mendapatkan pelayanan yang istimewa dengan fasilitas dan kenyamanan serta kemudahan yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri. Selain itu, praktik layanan nasabah priority tersebut juga telah memenui ketentuan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 13/29/DPNP Tentang Penerapan Manajemen Resiko Pada Bank Umum yang Melakukan Layanan Nasabah Prima. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan dengan pelayanan nasabah priority disarankan; pertama, hendaknya Bank Syariah Mandiri dapat membuka konter layanan priority tidak hanya di kantor cabang tetapi juga di kantor cabang pembantu agar pelayanan terhadap nasabah priority lebih maksimal; kedua, hendaknya Priority Banking Officer lebih mengoptimalkan sosialisasi program BSM Priority untuk memudahkan mayarakat publik agar lebih mudah mengetahui program BSM Priority misalnya melalui website Priority.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyowati, Evy Wahyuevyws02@gmail.comC02215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank dan Perbankan
Hukum Islam
Keywords: Maṣlaḥah Mursalah; Surat Edaran Bank Indonesia; Layanan Nasabah Priority
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Evy Wahyu
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:31
Last Modified: 15 Jan 2020 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39001

Actions (login required)

View Item View Item