Tinjauan Hukum Islam terhadap Wanprestasi pada Jual Beli melalui Mail Order Easy Shopping di www.easyshopping.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2019) Tinjauan Hukum Islam terhadap Wanprestasi pada Jual Beli melalui Mail Order Easy Shopping di www.easyshopping.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_C02215073 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan, yang dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan bagaimana praktik jual melalui mail order easy shopping dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli melalui mail order easy shopping. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah teknik dokumentasi dan wawancara via chatting. Untuk teknik pengolahan data penulis menggunakan teknik organizing, editing, dan analyzing, Selanutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis yaitu cara berfikir seseorang denan menggambarkan, meringkas semua kondisi keadaan dan semua permasalahan yang te rjadi pada masyarakat tentang praktiik jual beli melalui mail order easy shopping yang menggunakan akad jual beli as-salam yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan pola pikir analisis deduktif yaitu dari data yang bersifat umum kemudian dianalisis dan disimpulkan ke dalam keadaan yang lebih khusus dan sesuai hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Praktik jual beli melalui mail order easy shopping tidak sesuai dengan ketentuan hukum islam, karena tidak sesuai dengan syarat dan rukunnya. Jual beli melalui mail order easy shopping menggunakan akad jual beli pesan memesan. Karena modal atau uang harus dibayar dimajlis akad dan penyerahan barangnya diserahkan dilain waktu yang telah disepakati. Easy shopping memberikan sebuah menganugrahan hadiah kepada calon pembeli, namun hadiah itu hanya iming-iming belaka agar calon pembeli tertarik pada produk yang ditawarkan. Pihak easy shopping tidak memberikan hak pembeli yang harusnya diserah terimakan yaitu barang yang dibeli. Dan adanya harga yang ditetapkan tidak sesuai dengan akad pada saat terjadinya ijab dan qobul. Seiring dengan kesimpulan di atas, seharusnya pihak easy shopping lebih berterus terang diawal mengenai ketentuan pemberian hadiah dan bertanggung jawab atas ketentuan yang disepakati yaitu hak para pembeli yaitu barang yang telah dibeli atau pengembalian uang. Pembeli Harns pandai memilih lapakjual beli melalui sosial media mana yang akan digunakandan terpercaya untuk berbelanja melalui sosial media jangan karena tergiur dengan hadiah yang telah di ber ikan atau dianugrahkanjadi tertarik untuk membeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunhasanahu208@gmail.comC02215073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idriidri_idr@yahoo.co.id2002016701
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: wanprestasi; easy Shopping
Depositing User: Hasanah Uswatun
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:32
Last Modified: 14 Jan 2020 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38997

Actions (login required)

View Item View Item