Penguatan kapasitas pengrajin karya seni di Desa Watesumpak, Trowulan, Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fairuzi, Alfons Rizqi (2019) Penguatan kapasitas pengrajin karya seni di Desa Watesumpak, Trowulan, Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfons Rizqi Fairuzi_B92215045.pdf

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengrajin karya seni yang bermukim di Desa Watesumpak, Trowulan. Seperti yang kita tahu, Kawasan wisata Trowulan telah dikenal sejak zaman Majapahit sebagai kawasan yang memiliki asset yang beraneka ragam beserta karya seninya yang indah dan terjaga hingga tangan generasi selanjutnya. Kawasan yang berjarak 67 km dari Surabaya ini memiliki luas wilayah hingga mendekati kabupaten Jombang. Selain berfungsi sebagai tempat wisata dan tempat eksavasi peninggalan sejarah Majapahit, kawasan ini juga berfungsi sebagai salah satu destinasi bagi peziarah Tirtayatra yang berasal dari Bali. Selain destinasi wisata sejarah, kawasan ini juga terkenal dengan berbagai jenis UKM nya. Salah satu UKM khas kawasan ini adalah masih bermukimnya pengrajin karya seni yang tersebar di desa Watesumpak terutama di dusun Jatisumber dan Watesumpak. Namun sayangnya, dari 50 pengrajin karya seni yang ada di Watesumpak dan Jatisumber, hanya beberapa orang saja yang bisa memasarkan hasil karyanya menuju pasar mancanegara. Seperti apakah UKM yang ada di Trowulan dan bagaimana pendapat konsumen mengenai keberadaan UKM ini? Bagaimana cara peningkatan kapasitas para pemahat patung di kawasan wisata Trowulan? Dalam penelitian ini peneliti akan mencoba untuk menjelaskan beberapa fakta tentang pengrajin karya seni yang ada di Watesumpak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fairuzi, Alfons Rizqialfons.good@gmail.comB92215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@gmail.com--
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Kesenian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alfons Rizqi Fairuzi
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:55
Last Modified: 14 Jan 2020 08:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38995

Actions (login required)

View Item View Item