Potret kehidupan sosial budaya pedagang barang bekas di Pasar Loak Dupak Rukun Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Gusti Ayu Dian (2019) Potret kehidupan sosial budaya pedagang barang bekas di Pasar Loak Dupak Rukun Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gusti Ayu Dian Pratiwi_I03216008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Pertama, Alasan mengapa pedagang dari etnis Madura mendominasi Pasar Loak Dupak Rukun. Kedua, keadaan sosial budaya pedagang barang bekas di Pasar Loak Dupak Rukun. Dari hasil dua rumusan masalah tersebut nantinya akan membahas kehidupan sosial pedagang barang bekas, dominasi pedagang etnis Madura, hingga interaksi yang terjadi pada pedagang disana. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data Observasi, wawancara, dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena Kehidupan Sosial Budaya pada pedagang barang bekas adalah Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) Adanya dominasi pedagang dari etnis Madura disebabkan oleh kepribadian masyarakat etnis Madura yang tidak malu bekerja apa saja, kesadaran etnis Madura akan ketidak mampuannya bersaing dengan etnis lain dalam sektor formal membuat etnis Madura berusaha unggul dalam bidang sektor informal. (2) Kehidupan sosial budaya pedagang barang bekas di Pasar Loak Dupak Rukun berjalan dengan baik. Meskipun di Pasar Loak Dupak Rukun ini di dominasi oleh pedagang dari etnis Madura, namun tidak ada perbedaan perlakuan pedagang satu dengan yang lain. Pedagang juga tidak membedakan mana pedagang dari etnis Madura dan mana pedagang dari etnis selain Madura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Gusti Ayu Diangustidian0@gmail.comI03216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Pedagang
Sosiologi
Budaya
Keywords: Kehidupan Sosial Budaya Pedagang
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Gusti Pratiwi
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:25
Last Modified: 14 Jan 2020 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38983

Actions (login required)

View Item View Item