Permainan Tradisional Teka-Teki Gobak Sodor untuk meningkatkan kerjasama melalui pembelajaran berhitung pada Kelompok B usia 5-6 tahun TK Dharma Wanita Tebon Karangmojo Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswaturrohma, Niswaturrohma (2019) Permainan Tradisional Teka-Teki Gobak Sodor untuk meningkatkan kerjasama melalui pembelajaran berhitung pada Kelompok B usia 5-6 tahun TK Dharma Wanita Tebon Karangmojo Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswaturrohma_D98215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama pada anak kelompok B terutama pada kegiatan bekerjasama untuk menyelesaikan tugas secara berkelompok. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di TK Dharma Wanita Tebon Karangmojo Magetan. Hasil pengamatan menunjukan bahwa dari 14 siswa yang mau bekerjasama hanya 7 siswa. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan permainan “Teka-teki Gobak Sodor”. Bagaimana kemampuan kerjasama anak setelah penerapan permainan “teka-teki gobak sodor”. Bagaimana pengaruh penerapan permainan “teka-teki gobak sodor” dalam meningkatkan kemampuan kerjasama. Pada siswa kelompok B di TK Dharma Wanita Tebon Karangmojo Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki “gobak sodor media”untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penelitian tindakan kelas kolaborasi,yang ditujukan untuk mengetahui seberapa cocok permainan “teka-teki gobak sodor” untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan “teka-teki gobak sodor” dalam meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak, hal ini dibuktikan dari hasil pada pra siklus 100% anak tidak mampu bekerjasama dan pada Siklus I di peroleh hasil 50% akhir pada siklus II dengan prosentase 78%. Dengan begitu permainan “teka-teki gobak sodor” sangat berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswaturrohma, Niswaturrohmaniswatur15.rahma@gmail.comD98215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com2021126501
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com--
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: niswaturrohma niswarurrohma
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:17
Last Modified: 14 Jan 2020 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38977

Actions (login required)

View Item View Item