Analisis Yuridis terhadap Jasa Poligami Online melalui Aplikasi Jemput Jodoh Rumah Ta'aruf Taman Surga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholeh, Nur Azizah (2019) Analisis Yuridis terhadap Jasa Poligami Online melalui Aplikasi Jemput Jodoh Rumah Ta'aruf Taman Surga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizah Sholeh_C91216177.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Yuridis Terhadap Jasa Poligami Online Melalui Aplikasi Jemput Jodoh Rumah Ta’aruf Taman Surga”, merupakan sebuah penelitian empiris yang akan menjawab dua pertanyaan rumusan masalah, pertama yaitu tentang bagaimana jasa poligami online melalui aplikasi Jemput Jodoh. Dan yang kedua yaitu, bagaimana analisis yuridis terhadap jasa poligami online melalui aplikasi Jemput Jodoh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan berjenis kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif untuk menganalisa prosedur poligami online yang dilakukan melalui aplikasi jemput jodoh dengan prosedur yang ada di Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, KHI dan Undang-Undang No. 9 Tahun 1795 tentang Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Penggalian data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer meliputi hasil wawancara tentang proses, persyaratan, serta prosedur poligami online melalui aplikasi Jemput jodoh, yang dilakukan dengan Ustadz Awan Abdullah Pembina Rumah Ta’aruf Taman Surga sekaligus Pemilik aplikasi Jemput Jodoh. Sumber data sekundernya meliputi kepustakaan yaitu, buku, jurnal, dokumen dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tema dalam penelitian. Penelitian ini berisi tentang kontruksi poligami adalah suatu ikatan perkawinan dimana sang suami mengawini lebih dari dari satu orang istri dalam waktu yang bersamaan, sedangkan aplikasi online adalah suatu perangkat yang bisa digunakan untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna jasa aplikasi melalui internet. Aplikasi Jemput Jodoh adalah salah satu aplikasi online yang bergerak di bidang jasa perjodohan online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa segala proses, persyaratan dan prosedur yang ada dalam aplikasi jemput jodoh tidak ada yang menyimpang dengan Hukum Islam dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yang mengatur tentang poligami seperti halnya Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, Kompilasi Hukum Islam, dan Peraturan Pemerintah RI No. 9 Tahun 1975 tentang pelaksanaan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Penelitian ini menyarankan untuk para suami istri yang ingin melakukan proses ta’adud atau poligami secara online agar lebih hati-hati dalam memilih aplikasi online yang akan digunakan untuk mencari adik madu. Dikarenakan tidak semua aplikasi online yang memfasilitasi proses ta’adud atau poligami yang mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia. Dalam memberikan materi kepada peserta seharusnya ustadz Awan Abdullah tidak hanya melalui online atau grup whatsapp, akan tetapi lebih baiknya jika dilakukan pertemuan satu kali dalam proses untuk memberi materi atau wejangan kepada para peserta aplikasi Jemput Jodoh. Dikarenakan agar interaksi komunikasi antara pembina atau mediator dengan peserta tidak hanya melalui online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholeh, Nur Azizahazizahsholeh69@gmail.comC91216177
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFatwa, AH. Fajruddinandifajruddinfatwa@gmail.com201306760
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Uncontrolled Keywords: Jasa Poligami Online; Aplikasi Jemput Jodoh; Rumah Ta'aruf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nur Azizah Sholeh
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:36
Last Modified: 15 Jan 2020 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38975

Actions (login required)

View Item View Item