KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF ‘ABD AL-WAHHAB AL-SYA’RANI DALAM KITAB AL-MINAH AL-SANIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Mochammad Shofwan (2015) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF ‘ABD AL-WAHHAB AL-SYA’RANI DALAM KITAB AL-MINAH AL-SANIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan saat ini sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan tersebut yang menunjukkan sikap yang kurang terpuji. Banyak pelajar yang terlibat tawuran, tindakan kriminal, dsb. Perbuatan tersebut telah meresahkan masyarakat dan merepotkan banyak pihak.
Berangkat dari problematika yang terjadi, maka menjadi penting bahwa pendidikan akhlak adalah hal yang pertama dan mendasar harus dimiliki oleh peserta didik. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk kembali mempelajari pemikiran seorang Ulama tasawuf yang dalam pemikirannya betul-betul memposisikan akhlak secara primer.
Masalah yang diteliti adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perspektif ‘Abd al-Wahhab al-Sya’rani?, 2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak perspektif ‘Abd al-Wahhab al-Sya’rani dalam kehidupan sehari-hari ?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menganalisis dengan jenis penelitian kualitatif dengan model kepustakaan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumenter.
Berdasarkan uraian tersebut, data penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) konsep pendidikan akhlak perspektif ‘Abd al-Wahhab al-Sya’rani meliputi: Akhlak kepada Allah SWT; taubat, dzikir, istighfar, shalat berjamaah dan shalat malam. Akhlak kepada sesama (manusia); berbuat baik kepada sesama, tidak mendzalimi orang lain, tidak pamer (riya’). Akhlak kepada diri sendiri; menjauhi barang haram, memiliki rasa malu, jujur dalam bekerja, mengasingkan diri dan diam, meninggalkan perkara mubah dan memerangi hawa nafsu. 2) Konsep pendidikan akhlak perspektif ‘Abd al-Wahhab al-Sya’rani dalam kehidupan sehari-hari saat ini dirasa sangat relevan. Hal ini dibuktikan bahwa dengan bermacam-macamnya problematika yang menimpa generasi bangsa, sangat diperlukan pendidikan dan pembinaan akhlak secara maksimal kepada mereka sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dan setidaknya dapat meminimalisir problem-problem yang pernah terjadi.
Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dari pemikiran-pemikiran ‘Abd al-Wahhab al-Sya’rani tentang konsep pendidikan akhlak sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ah. Zakki Fuad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Mochammad ShofwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Akhlak; Al-Minah; Al-Saniyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2016 23:34
Last Modified: 24 Jan 2016 23:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3897

Actions (login required)

View Item View Item