Desain Kawasan Edukasi Giri Kedaton dengan pendekatan sejarah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Miftakhul (2019) Desain Kawasan Edukasi Giri Kedaton dengan pendekatan sejarah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Huda_H03215005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gresik sebagai kota masuknya islam tentu saja memiliki sejarah yang besa tentang awal mula masuknya peradaban islam. Puncak dari sejarah perkembangan peradaban islam ini adalah lahirnya kerajaan giri kedaton. Kerajaan giri kedaton yang dulunya dianggap sebagai puncak kejayaan peradaban islam pada ini mulai dilupakan dan di tinggalkan. Banyak anak muda yang bahkan tidak tau mengenai sejarah kerajaan giri bahkan adanya kerajaan giri di gresik. Melihat dari keadaan tentang minimnya pengetahuan sejarah yang ada maka perlu adanya edukasi tentang sejaah terutama sejarah kerajaan giri kedaton. Edukasi tentang sejarah ini perlu di kemas dalam suatu kawasan yang menarik sehingga menarik minat masyarakat untuk belajar. Pembangunan desain kawasan edukasi giri kedaton ini dimaksudkan menarik minat masyarakat tentang sejarah giri kedaton. Untuk menciptakan kawasan yang mencerminkan kedaan pada masa giri kedaton maka perancangan perlu menggunakan pendekatan yang melandasi citra giri kedaton. Kemudian dipilih pendekatan sejarah sebagai acuan terhadap rancangan. Pendekatan sejarah ini adalah pendekatan yang mengutamakan unsur kesejarahan terdahap desain. Unsur kesejarahan ini diambil melalui berbagai disiplin ilmu seperti arkeologi, sejarah, dan berbagai disiplin ilmu lain. Yang ditujukan penerapan citra dari unsur kesejarahan akan sangat terasa. Desain Kawasan Edukasi Giri Kedaton adalah sebuah sudut pandang Arsitektur terhadap sejarah kerajaan giri kedaton. Sudut pandang yang dimaksudkan diambil dari bermacam macam sumber. Meskipun secara detail keadaan asli dari kerajaan giri masih belum dilakukan penelitian yang jelas, namun desain yang di ambil dalam perancangan ini dibuat menyerupai keadaan kerajaan giri kedaton sesuai dengan sumber yang didapat. Termasuk dalam beberapa nilai filosofis dan aturan aturan pembangunan dalam kerajaan giri kedaton. Beberapa spek yang di terapkan adnata lain tentang tat letak kawasan teruttama arah hadap perbagian kawasan, filosofi dalam ketinggian lantai bangunan, pengggunaan ruangan dalam kawasan, pembagian zonasi kawasan, fungsionalitas dalam kawsan dan masih banyak lagi dalam kawasan. Dari berbagai aspek yang dapat di pelajari dalam desain kawasan edukasi giri kedaton ini dapat dipelajari bahwa nilai Arsitektur dalam setiap kehidupan manusia selalu mempunyai bagian, baik di masa lalu maupun masa kini. Setiap peradaban selalu memiliki ciri khas dalam membangun bangunannya masing-masing. Ciri khas ini juga ada dalam peradaban kerajaan giri kedaton sebagai penguat islam di tanah jawa bahkan nusantara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Miftakhulhudamiftakhul414@gmail.comH03215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianinisya27@yahoo.com198302272014032001
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Sejarah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Miftakhul Huda
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:43
Last Modified: 13 Jan 2020 07:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38940

Actions (login required)

View Item View Item