Konsep Dzikir Baqiyatus Sholihat menurut Tarekat Shiddiqiyyah: studi kasus Pondok Pesantren Majma al Bahrain di Ploso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Muhammad Rijal (2019) Konsep Dzikir Baqiyatus Sholihat menurut Tarekat Shiddiqiyyah: studi kasus Pondok Pesantren Majma al Bahrain di Ploso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rijal Abidin_A72214047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Konsep Dzikir Baqiyatus Sholihat Menurut Tarekat Shiddiqiyah (Studi Pondok Pesantren Majmal al Bahrain di Ploso Jombang)”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Siapakah Pencetus Dzikir Baqiyatus Sholihat itu? 2.Bagimana konsep dzikir Baqiyatus Sholihat menurut tarekat Shiddiqiyah? dan 3.Bagaimana Pandangan anggota tarekat Shiddiqiyah tentang dzikir Baqiyatus Sholihat dan manfaat bagi yang mengamalkan-nya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode sejarah. Adapaun metode penulisan sejarah yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan beberapa langkah yaitu heuristic (mengumpulkan arsip-arsip terkait dengan pembahasan dzikr Baqiyatus Sholihat), verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran) serta histiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan dan teori yang digunakan adalah pendekatan sejarah (mendeskripsikan peristiwa pada masa lampau), serta pendekatan sosiologi (mendeskripsikan hal-hal tentang masyarakat) dan teori yang digunakan yaitu teori fungsionalisme, teori perubahan sosial. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) membahas biografi singkat Kyai Muchtar Mu’thi, mulai dari latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan serta sejarah terbentuknya tarekat Shiddiqiyah beserta hambatan-hambatan-nya. 2) membahas proses munculnya dzikir Baqiyatus sholihat yang muncul secara berangsur-angsur. Munculnya berdasarkan ilham ruhi yang diterima oleh kyai Muchtar Mu’thi ketika melakakukan safari (perjalanan), Penyebaran dzikir Baqiyatus sholihat berawal ketika pada tahun 1952 Kyai Muchtar Mu’thi mendirikan pondok pesantren Majmal al-bahrain untuk mengajak warga sekitar Losari Jombang untuk meninggalkan ajaran yang berbau mistis dan aktifitas didalamnya ada pengamalan dzikir Baqiyatus Sholihat. 3) membahas Manfaat yang dirasakan warga sekitar Losari Jombang setelah mengamalkan dzikir Baqiyatus Sholihat dengan tujuan mendapatkan berkah, rahmat serta di beri kemudahan oleh Allah Swt dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Muhammad Rijalrijalabidin84@gmail.comA72214047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzay_74@yahoo.co.id2012086901
Subjects: Ibadah
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Baqiyatus Sholihat; Tarekat Shiddiqiyyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Rijal Abidin Muhammad Rijal Abidin
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:34
Last Modified: 09 Jan 2020 08:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38907

Actions (login required)

View Item View Item