Perancangan Rumah Sakit Jiwa di Probolinggo dengan pendekatan Psikologi Lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kristanto, Kukuh Kholid (2019) Perancangan Rumah Sakit Jiwa di Probolinggo dengan pendekatan Psikologi Lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kukuh Kholid Kristanto_H7325021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Gangguan jiwa/ mental adalah gangguan otak yang di tandai dengan terganggunya emosi, proses berpikir dan cara pandang (persepsi) seseorang yang menimbulkan gejala gejala stress dan penderitaan baik bagi penderita maupun orang orang di lingkungan sekitar. Dalam kehidupan bermasyarakat, masih banyak paradigma tentang gangguan jiwa yang salah, yang selalu dikait-kaitkan dengan hal mitos (kondisi abnormal yang tidak dapat disembuhkan). Selain itu, ketidaktahuan pihak keluarga, rasa malu, penyakit yang tidak kunjung sembuh, tidak adanya biaya pengobatan, dan tindakan keluaga untuk mengamankan lingkungan merupakan penyebab keluarga melakukan pemasungan. Untuk memecahkan ngatasi permasalahan diatas, pendekatan yang digukana dalam perancangan rumah sakit jiwa adalah dengan menggunakan pendekatan psikologi lingkungan karena berkaitan dalam hal hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara manusia dan lingkungan. Konsep yang diterapkan kedalam desain rumah sakit jiwa dengan pendekatan psikologi lingkungan adalah “Healing Environment”. Pendekatan psikologi lingkungan dapat di implementasikan baik kedalam ruang dalam (bangunan) maupun ruang luar (lingkungan). Konsep Healing Environment bertujuan untuk memaksimalkan proses penyembuhan dari pendekatan psikologi lingkungan terhadap seluruh aspek yang ada pada komponen temasuk komponen pembentuk lingkungan yang nantinya akan merangsang/ berinteraksi langsung melalui panca indra maupun terhadap psikologi pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kristanto, Kukuh Kholidkholidkukuh@gmail.comH73215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi04@gmail.com2004038102
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Rumah Sakit Jiwa; Psikologi Lingkungan; Healing Environment
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Kukuh Kholid Kristanto
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:23
Last Modified: 09 Jan 2020 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38895

Actions (login required)

View Item View Item