Peningkata kreativitas anak melalui kegiatan mencetak (mengecap) di kelompok bermain PAUD Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Irodatul (2019) Peningkata kreativitas anak melalui kegiatan mencetak (mengecap) di kelompok bermain PAUD Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irodatul Khasanah_D98215027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat kreativitas pada anak kelompok bermain di PAUD Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo. Hal ini disebabkan oleh kurang fokusnya anak ketika proses pembelajaran sedang berlangsung serta kurangnya variasi yang diberikan guru dalam menyampaikan metode yang diterapkan dikelas. Rumusan masalah pada Penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kreativitas anak kelompok berrmain PAUD Subulus salam. 2) Apakah kegiatan mencetak (mengecap) dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok berrmain PAUD Subulus salam. Dalam penelitian ini pembahasan yang akan diuraikan adalah penerapkan kegiatan mencetak dalam meningkatkan kreativitas anak dan apakah kegiatan mencetak dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di kelompok bermain di PAUD Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan II terdapat empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pad penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan kegiatan mencetak telah berhasil terbukti. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian observasi aktivitas anak selama siklus I dan siklus II. Penilaian observasi nilai rata-rata mencetak pada siklus I sebesar 40,38 (Mulai Berkembang) dan pada siklus II sebesar 76,92 (Berkembang Sangat Baik). Perolehan nilai aktivitas anak pada siklus I mendapatkan nilai 35.1 (Mulai Berkembang) dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 69,23 (Berkembang Sesuai Harapan). 2)Adanya kegiatan mencetak digunakan selama proses pembelajaran, hasil persentase ketuntasan belajar dalam meningkatkan Kreativitas anak Berkembang Sesuai Harapan. Persentase ketuntasan Mencetak pada siklus I sebesar 23,07% (Belum Berkembang) sedangkan siklus II sebesar 84,62% (Berkembang Sangat Baik). Sedangkan Persentase ketuntasan Kreativitas pada siklus I 23,07 (Belum Berkembang) sedangkan siklus ke II sebusar 84,62% (Berkembang Sangat Baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Irodatulirodatulkhasanahachmad@gmail.comD98215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIED2005076701
Thesis advisorPurwati, EniUNSPECIFIED2021126501
Subjects: Anak
Belajar
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Mencetak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Irodatul Khasanah
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:12
Last Modified: 09 Jan 2020 06:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38887

Actions (login required)

View Item View Item