Pengaruh faktor keuangan dan non keuangan terhadap opini Audit Going Concern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sandra, Shirly Lufiana (2019) Pengaruh faktor keuangan dan non keuangan terhadap opini Audit Going Concern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shirly Lufiana Sandra_G72216078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jurnal yang berjudul “Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Opini Audit Going Concern” ini merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait pengaruh faktor keuangan (kondisi keuangan) dan faktor non keuangan (opinion shopping, disclosure, audit lag, audit tenure) terhadap opini audit going conern. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk kausal sebab-akibat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS Statistic Version 21. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 106 dari total populasi 171 laporan keuangan perusahaan infrastrutur, utilitas dan transportasi selama periode 2016-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu mengambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan literatur. Hasil analisis regresi logistik yang dilakukan menunjukkan bahwa pada variabel kondisi keuangan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,018 sehingga berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern. Pengujian variabel disclosure dengan nilai signifikansi 0,018 menunjukkan bahwa disclosure berpengaruh terhadap opini audit going concern. Pengujian variabel audit tenure dengan nilai signifikansi 0,063 menunjukkan bahwa audit tenure berpengaruh terhadap opini audit going concern. Pengujian variabel opinion shopping dengan nilai signifikansi 0,999 menunjukkan bahwa opinion shopping tidak berpengaruh berpengaruh terhadap opini audit going concern. Pengujian variabel audit lag dengan nilai signifikansi 0,778 menunjukkan bahwa audit lag tidak berpengaruh berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sandra, Shirly Lufianashirlylufsan81@gmail.comG72216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGati, R.A. VidiaUNSPECIFIED197605102007012030
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Keuangan; opini; Audit Going Concern
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Shirly Lufiana Sandra Shirly Lufiana Sandra
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:23
Last Modified: 09 Jan 2020 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38882

Actions (login required)

View Item View Item