Peningkatan keterampilan praktik berbagai aktivitas jasmani melalui metode circuit training mata pelajaran PJOK pada siswa kelas IV B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permata Dewi, Shinta Prasti (2019) Peningkatan keterampilan praktik berbagai aktivitas jasmani melalui metode circuit training mata pelajaran PJOK pada siswa kelas IV B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Prasti Permatadewi_D97216081.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan praktik berbagai aktivitas jasmani mata pelajaran PJOK yang dimiliki oleh siswa kelas IV B MI Al Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, penyebab keterampilan praktik siswa rendah dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK berlangsung monoton dan kurang berinovasi sehingga siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan data awal yang diperoleh, dari 27 siswa hanya 5 siswa yang mampu memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yakni 70.Terdapat beberapa permasalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: 1) Penerapan metode circuit training untuk meningkatkan keterampilan praktik berbagai aktivitas jasmani, 2) Peningkatan keterampilan praktik berbagai aktivitas jasmani mata pelajaran PJOK setelah diterapkannya metode circuit training pada siswa IV B MI Al Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI Al Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, unjuk kerja, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode circuit training pada siswa kelas IV B MI Al Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 68,75 (kurang baik) menjadi 88,89 (baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 70 (cukup) menjadi 93,05 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan praktik berbagai aktivitas jasmani melalui metode circuit training meningkat pada siklus I yaitu 71,57 (cukup) menjadi 81,57 (baik) pada siklus II. Sedangkan prosentase ketuntasan meningkat dari siklus I sebesar 62,96% (kurang tuntas) menjadi 88,89% (tuntas) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permata Dewi, Shinta Prastiprasti354@gmail.comD97216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSihabudin, SihabudinUNSPECIFIED2020027701
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED2002027303
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Olah Raga
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Praktik; Aktivitas Jasmani; Metode Circuit Training.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shinta Prasti Permatadewi
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:21
Last Modified: 09 Jan 2020 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38879

Actions (login required)

View Item View Item