Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah di travel umrah An-Nur Karah Agung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzan, Fauzan (2019) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah di travel umrah An-Nur Karah Agung. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauzan_F02416088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini, maraknya biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) menjadikan persaingan semakin ketat khususnya biro travel umrah yang berada di kota surabaya. Sehingga travel umrah An-Nur Karah Agung yang berlokasi di Surabaya ini menetapkan dan menerapkan beberapa strategi pemasaran agar bisa bersaing dengan travel umrah yang lain dan bisa meningkatkan jumlah jamaahnya.Dalam penelitian ini memunculkan beberapa rumusan masalah di antaranya: Pertama bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah di travel umrah An-Nur Karah Agung? Kedua apa saja hambatan implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah di travel umrah An-Nur Karah Agung? Ketiga bagaimana upaya mengatasi hambatan marketing dalam meningkatkan jumlah jamaah (konsumen) di travel umrah An-Nur Karah Agung?.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di travel umrah An-Nur Karah Agung (PT. Nur Haramain Tours & Travel). Teori yang digunakan adalah strategi pemasaran dan data-data penelitian diperoleh melalui metode yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui survey pendahuluan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil analisis menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan oleh travel umrah An-Nur Karah Agung diantaranya adalah dengan cara memperkuat jaringan, yaitu jaringan alumni. Karena melalui jaringan alumni ini akan bisa mencapai tujuan visi misi perusahaan, yakni menjadi perusahaan terkemukan yang mempunyai banyak konsumen jaringan, memanfaatkan figur kiai sebagai strategi pemasaran, menciptakan produk yang diinginkan oleh para calon jamaah, menetapkan harga yang bervariatif, membagikan brosur melalui media online atau ofline, kunjungan ke majelis dan perusahaan, pameran dan sosialisasi produk kepada para alumni. Dari strategi yang telah dilakukan dan terus diperbaharui oleh travel umrah An-nur Karah Agung mengalami peningkatan jumlah jamaah. Bisa dilihat pada periode keberangkatan umrah tahun 2016 bahwa jamaah travel umrah An-Nur Karah Agung jumlahnya mencapai 651 jamaah, 2017 jumlahnya mencapai 772 jamaah dan pada tahun 2018 jumlahnya mencapai 803. Ini menandakan bahwa jamaah An-Nur Karah Agung semakin meningkat dan bertambah setiap tahunnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzan, Fauzanvauzanahmad99@gmail.comF02416088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, AliUNSPECIFIED196212141993031002
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi; pemasaran pada travel umrah An-Nur Karah Agung
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauzan Fauzan
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:50
Last Modified: 09 Jan 2020 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38874

Actions (login required)

View Item View Item