Perancangan Agrowisata Bukit Dhoho Indah di Kediri dengan Pendekatan Arsitektur Ekologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Nur Ayu Rahma Wangi (2019) Perancangan Agrowisata Bukit Dhoho Indah di Kediri dengan Pendekatan Arsitektur Ekologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saputri Nur Ayu Rahma Wangi_H03215009.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kabupaten Kediri merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang hampir sepertiga bagian dari wilayah Kabupaten Kediri merupakan lahan pertanian. Guna lahan tersebut merupakan potensi yang harus terus diupayakan untuk dilestarikan. Di Kabupaten Kediri sudah terdapat beberapa wisata alam yang dikembangkan. Kondisi alam di Kediri tergolong masih alami dan asri, potensi alam inilah yang seharusnya dijaga dan dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Kawasan Agrowisata Bukit dhoho Indah di Kediri merupakan sebuah rancangan wisata agro yang menjadi media edukasi alternatif berbasis lingkungan bagi warga Kediri. Agrowisata Bukit Dhoho Indah di Kediri merupakan jenis usaha wisata alam berupa perkebunan dan pertanian yang berkelanjutan secara ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat lingkungan sekitar. Pemahaman cara berkebun dan bertani dengan penggunaan media tanam pada lahan terbuka dan lahan buatan seperti pot-pot dari pengolahan limbah sampah yang bisa di daur ulang, diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar akan pentingnya menanam tanaman dan menggunakan lahan secara efektif. Penanaman tanaman yang berjenis perdu maupun pohon pada lahan terbuka berfungsi untuk menyerap CO² dan penyerapan air agar meminimalisir terjadinya erosi tanah. Sedangkan penanaman tanaman pada media tanam seperti pot dari bahan daur ulang dapat meminimalisir pencemaran sampah yang tidak bisa terurai di dalam tanah. Perancangan Agrowisata Bukit Dhoho Indah di Kediri dengan konsep desain pendekatan ekologi arsitektur merupakan suatu upaya untuk meminimalisir kerusakan lingkungan. Ekologi arsitektur adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan, sehingga diharapkan tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara manusia dengan lingkungannya.

Kata Kunci: Kabupaten Kediri, Agrowisata, Ekologi Arsitektur

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Nur Ayu Rahma Wangisaputrinurayu@gmail.comh03215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRita, Ernawatirita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorRahmad, Junaidisamdamhar@gmail.com2024068301
Subjects: Arsitektur
Keywords: Kabupaten Kediri; Agrowisata; Ekologi Arsitektur .
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Saputri Nur Ayu Rahma Wangi
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:45
Last Modified: 09 Jan 2020 04:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38862

Actions (login required)

View Item View Item