Shalat sebagai media terapi jiwa perspektif tafsir sufistik Ruh al-Ma'ani karya al-Alusi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukmawati, Tiara (2019) Shalat sebagai media terapi jiwa perspektif tafsir sufistik Ruh al-Ma'ani karya al-Alusi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Sukmawati_E73214068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis memilih tema ini karena merasa sangat tertarik untuk membahas atau meneliti mengenai salat sebagai terapi jiwa. Terlepas salat merupakan ibadah yang sifatnya kontinyu, namun selalu lengah dan kurang diperhatikan dalam pelaksanaannya. Dalam menganalisa tentang salat sebagai media terapi jiwa, penulis menggunakan al-Alusi mufassir yang coraknya sufi. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian library research (kepustakaan). Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mencaritahu urgensi salat dalam menangani kejiwaan seseorang. Permasalahan yang diteliti adalah: 1) bagaimana interpretasipenafsiran al-Alusi terhadap ayat salat sebagai terapi jiwa dari segi sufistiknya, 2) bagaimana kontekstualisasi penafsiran al-Alusi terhadap terapi jiwa?. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa menurut Imam al-Alusi salat tidak bisa jika hanya dilaksanakan dengan datangnya jasmani tanpa hati. Al-Alusi dalam tafsirnya banyak mengutip pendapat ulama-ulama terdahulu, lalu akan menuliskan pendapatya di akhir atau sebagai kritikan .menurut al-Alusi salat harus didirikan dengan khusyuk. Salat merupakan ibadah yang tidak dapat diremehkan dalam pelaksanaannya. Mengingat betapa besar dampak salat yang akan terasajika dilaksanakan dengan benar, sesuai tuntunan Alquran, apalagi di zaman yang dipenuhi kecarut-marutan seperti saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukmawati, Tiaratiaratiaraku1@gmail.comE73214068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, AbuUNSPECIFIED197304041998031006
Thesis advisorMusyarrofah, MusyarrofahUNSPECIFIED197106141998032002
Subjects: Salat > Salat - Hikmah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Gelisah, al-Alusi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Tiara Sukmawati Tiara
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:27
Last Modified: 13 Jan 2020 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38849

Actions (login required)

View Item View Item