Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan: studi Kasus Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewinda, Clara Shinta (2019) Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan: studi Kasus Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewinda Clara Shinta_I73216038.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menanggulangi kemiskinan khususnya pada desa yang berada di Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) di Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang tujuannya dapat menjadikan KRTP mandiri setelah diberdayakan dan dapat mengembangkan usaha produtifnya sehingga mampu mensejahterakan hidupnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni: Pertama, bagaimana bagaimana proses pemberdayaan perempuan pada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) dalam program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan. Kedua, bagaimana perubahan yang dialami Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP).Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan cara melihat langsung masalah yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis pemberdayaan perempuan ini adalah teori modernisasi David McClelland Dorongan Berprestasi atau The Need Achievement. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Proses pemberdayaan perempuan melalui program jalin matra penanggulangan feminisasi kemiskinan dilakukan dengan berbagai tahapan yaitu sosialisasi, pra rembug warga, rembug warga, klarifikasi dan identifikasi usulan kebutuhan KRTP, pengajuan pencairan dan bantuan khusus, rembug pokmas dan persiapan realisasi bantuan, pengandaan barang dan penyerahan barang kepada KRTP, bimtek dan pertangungjawaban dan pengelolahan dan pelestarian program dengan cara menyediakan web khusus untuk mempromosikan usaha ekonomi para KRTP. (2) Perubahan yang dialami Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) setelah mendapat bantuan dapat mengembangkan usahanya dan juga dapat mandiri secara ekonomi. Pendapatan yang semakin meningkat dapat membantu KRTP untuk memenuhi kebutuhan pokok, biaya anak sekolah dan kebutuhan sosial lainnya. Sedangkan perubahan lainnya KRTP mulai aktif mengikuti kegiatan sosial keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewinda, Clara Shintadewindaclara99@gmail.comI73216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwi, Setianingsihdwisetia_asih@yahoo.co.id2022127201
Subjects: Sosiologi
Keywords: Pemberdayaan Perempuan; dan Feminisasi Kemiskinan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Dewinda Shinta
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:04
Last Modified: 09 Jan 2020 04:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38838

Actions (login required)

View Item View Item