Pembelajaran dengan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Maju ke Depan kelompok A Tk Muslimat NU 39 Wotan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Maria (2019) Pembelajaran dengan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Maju ke Depan kelompok A Tk Muslimat NU 39 Wotan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maria Ulfa_D08215007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kekurangan dalam rasa percaya diri anak. Hal tersebut dikarenakan guru kurang maksimal dalam memilih metode pembelajaran yang baru, sehingga kegiatan pembelajaran kurang menarik dan monoton. Berangkat dari masalah tersebut, maka peneliti menggunakan metode Role Playing agar dapat meningkatkan rasa percaya diri anak untuk maju ke depan. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode role playing dapat meningkatkan rasa percaya diri maju kedepan? dan, bagaimana peningkatan rasa percaya diri anak maju kedepan dengan menggunakan metode role playing kelompok A. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan model Kemmis & taggart. Penelitian ini terdapat beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif prosentase. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri, yang dilaksanakan peneliti dan guru yaitu memberikan suatu pembelajaran kepada anak-anak dengan memulai proses pembelajaran pada tema yang direncanakan sebelumnya, menjelaskan dan mencontohkan apa yang akan dilakukan oleh mereka. Metode role playing adalah metode yang tepat karena anak-anak dapat melakukan sambil bermain, sehingga mereka akan lebih antusias dan semangat dalam belajar, apalagi dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, hal ini dapat dibuktikan pada perolehan nilai akhir sebanyak 80 yang termasuk kriteria sangat baik. (2) Terdapat adanya peningkatan pada setiap siklus, tahap pra siklus ada 4 siswa yang termasuk dalam kriteria (BB) 33,33 %, ada 4 siswa yang termasuk (MB) 33,33 %, dan 4 siswa yang termasuk kriteria (BSH) 33,33 %. Dari hasil tersebut, peneliti melakukan tindakan siklus I. pada hasil akhir tindakan siklus I menunjukkan 5 siswa yang masuk dalam kriteria (MB) 41,66%, 5 siswa masuk dalam kriteria (BSH) 41,66%, dan masih terdapat 2 siswa yang termasuk dalam kriteria (BB) 16,66%. Hasil akhir tindakan siklus II, terdapat 11 siswa yang termasuk dalam kriteria (BSH) 91,66%, dan terdapat 1 siswa yang termasuk kriteria (MB) 8,33.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Mariaulfa96308@gmail.comD08215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIED2002017001
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Rasa Percaya Diri; Metode Role Playing.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Maria Ulfa
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:44
Last Modified: 08 Jan 2020 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38836

Actions (login required)

View Item View Item