Strategi pemasaran Wakaf Asuransi: studi pada Produk Insurance Protection Linked Auto Navigation (IPLAN) Syariah PT. Asuransi Jiwa Generali di Sidaorjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholidah, Chusnul (2019) Strategi pemasaran Wakaf Asuransi: studi pada Produk Insurance Protection Linked Auto Navigation (IPLAN) Syariah PT. Asuransi Jiwa Generali di Sidaorjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusnul Cholidah_F12417320.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perubahan selera nasabah, teknologi, dan persaingan yang ketat membuat PT. Asuransi Jiwa Generali harus mengembangkan dan berinovasi secara terus menerus produk dan jasanya agar dapat terus eksis di dunia perasuransian. Oleh karena itu Generali Indonesia membuat produk iPLAN Syariah dengan fitur wakaf asuransi agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep strategi pemasaran wakaf asuransi produk iPLAN Syariah pada PT. Asuransi Jiwa Generali, bagaimana implementasi strategi pemasaran wakaf asuransi produk iPLAN Syariah pada PT. Asuransi Jiwa Generali, dan apa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat strategi pemasaran wakaf asuransi produk iPLAN Syariah. Untuk menjawab beberapa permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah mengolah, memisahkan, mengelompokkan, dan memadukan sejumlah data yang dikumpulkan di lapangan secara empiris menjadi sebuah kumpulan informasi ilmiah yang terstruktur dan sistematis yang selanjutnya siap dikemas menjadi laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep strategi pemasaran produk iPLAN Syariah dengan memperhatikan komponen-komponen bauran pemasaran diantaranya yaitu product (produk), price (harga), place (tempat/distribusi), dan promotion (promosi). Generali Indoensia melakukan pemasaran melalui media periklanan dan bekerja sama dengan Gerakan Wakaf indoensia, Kitawakaf, Koperasi Syariah, BMT Permata dan beberapa Universitas. Penerapan strategi pemasaran Produk iPLAN Syariah di Generali memperhatikan hal-hal sebagai berikut yaitu segmentasi pasar, targeting, dan positioning. Dalam merumuskan strategi pemasaran dibutuhkan pendekatan-pendekatan analitis untuk menanggapi setiap perubahan kondisi pasar yaitu faktor lingkungan, faktor pasar, persaingan, analisis kemampuan internal perusahaan, perilaku konsumen dan analisis ekonomi. Di dalam memasarkan suatu produk, tidak terlepas dari adanya faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong dan penghambat dapat dilihat melalui faktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Dengan adanya faktor pendorong dan penghambat, maka selain inovasi produk dan kreativitas pemasaran, peranan penting agen pemasar sangat diperlukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholidah, Chusnulchusnulcholidah@gmail.comF12417320
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah.azis@gmail.com2003077501
Subjects: Manajemen Strategi
Pemasaran
Wakaf
Keywords: Strategi Pemasaran
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Chusnul Cholidah
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:58
Last Modified: 10 Jan 2020 03:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38829

Actions (login required)

View Item View Item