Proses Berpikir Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Tinggi Dan Perbedaan Gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Tri (2019) Proses Berpikir Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Tinggi Dan Perbedaan Gender. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Tri Wahyuni_D74213097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses berpikir relasional menurut Stephen merupakan kemampuan siswa mengidentifikasi fleksibilitas dan menggunakan berbagai kemungkinan variasi antara bilangan dalam masalah bilangan. Indikator berpikir relasional yang digunakan dalam penlitian ini berdasarkan tahapan polya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir relasional siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan perbedaan gender dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan pengumpulan data dengan tes tulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan matematika, soal tes tulis, dan pedoman wawancara. Subjek yang digunakan penelitian ini siswa kelas VII MTs Nurul Iman terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan setelah itu siswa diberikan tes tulis mengenai kemampuan matematika. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 4 siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan, subjek terpilih dari tes kemampuan matematika dan wawancara dengan guru bidang studi matematika. Setelah itu subjek diberikan tes berpikir relasional dan wawancara. Tes berpikir relasional dan wawancara dianalisis sesuai dengan indikator berpikir relasional. Hasil penelitian berdasarkan berpikir relasional dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika siswa laki-laki menghubungkannya dengan pertanyaan yang ada dalam masalah matematika dan menggunakan cara yang tepat untuk menyelesaikannya, sedangkan siswa perempuan saat menyelesaikan masalah mengaitkan dengan pertanyaan, menghitung menggunakan operasi hitung yang digunakan dan melihat informasi yang ada dalam masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, TriTriwahyuni2595@gmail.comD74213097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046901
Subjects: Gender
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Tri Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:13
Last Modified: 08 Jan 2020 01:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38794

Actions (login required)

View Item View Item