Identifikasi partisipasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika berdasarkan Algoritma K-Means

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Suwaibatul (2020) Identifikasi partisipasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika berdasarkan Algoritma K-Means. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suwaibatul Islamiyah_D74213095.pdf

Download (15MB)

Abstract

Partisipasi dalam diskusi kelas matematika dapat mengembangkan pembelajaran siswa. belajar matematika oleh siswa dimaknai dengan menyelesaikan tugas dan menyerahkan ke guru untuk dinilai. Bila seseorang dapat menunjukkan bagaimana ilmu matematika dimanfaatkan dalam suatu kegiatan, maka mereka dapat dikatakan telah melakukan kegiatan matematika atau berpartisipasi matematis. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan algoritma K-Means. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Iman tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga puluh siswa yang mendapatkan kartu A, kartu B, dan kartu C. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan observasi untuk mengetahui tingkatan partisipasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan partisipasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terdiri dari partisipasi matematis tinggi berjumlah sepuluh orang. Siswa dengan partisipasi matematis sedang berjumlah enam orang dan siswa dengan partisipasi matematis rendah berjumlah empat belas orang. Tingkat partisipasi matematis di kelas termasuk dalam partisipasi matematis rendah yaitu sebesar 33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Suwaibatuliiskimxo@gmail.comD74213095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046901
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Matematis; Masalah Matematika; Algoritma K-Mean
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Suwaibatul Islamiyah
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:22
Last Modified: 12 Feb 2020 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38792

Actions (login required)

View Item View Item