Analisis Maslahah Terhadap Pemikiran Mohammad Fauzil Adhim Tentang Pernikahan Dini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Nizam (2019) Analisis Maslahah Terhadap Pemikiran Mohammad Fauzil Adhim Tentang Pernikahan Dini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nizam Ramadhan_C01215027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data Penelitian dikumpulkan menggunakan studi pustaka, yaitu didapatkan dari buku Mohammad fauzil Adhim yang berjudul Indahnya Pernikahan Dini, Kupinang Engkau dengan Hamdalah dan Mencapai Pernikahan barakah. Data yang terkumpul kemudian di analasis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif bertujuan untuk menjelaskan dan memaparkan pemikiran Mohammad Fauzil Adhim tentang pernikahan dini yang kemudian dianalisis dalam perspektif analisis maslahah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pernikahan dini yang dimaksud Mohammad Fauzil Adhim yaitu pernikahan yang dilakukan oleh para remaja akhir atau dewasa awal, yakni dari usia 18 tahun sampai 22 tahun. Beliau mendukung adanya pernikahan dini dikarenakan menikah setidaknya sudah menjaga seluruh fungsi tubuh sebagaimana semestinya. Menikah juga harus aqil baligh dan sudah mempunyai kemampuan untuk melaksanakan pernikahan. kedua, Pemikiran Mohammad Fauzil Adhim tentang pernikahan dini sesuai dengan teori Mas}lah}ah, tidak ada ketegasan hukum mengenai batasan usia Al quran dan hadis dan sudah sejalan dengan salah satu tujuan syariat salah satunya yaitu menjaga agama, (agar tidak menimbulkan fitnah dan terhindar dari perbuatan zina).Sejalan dengan kesimpulan diatas: Pertama, Bagi para remaja jika usia sudah matang dan memenuhi syarat aqil baligh dianjurkan untuk segera menikah, jangan menunda-nunda agar terhindar dari fitnah dan perbuatan zina. kedua, Bagi orang tua agar tidak selalu menyetujui jika anaknya ingin menikah dini, tetapi terlebih dahulu harus mempertimbangkan tingkat kedewasaan, tanggung jawab dan psikis psikologis anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Nizamramadhannizam07@gmail.comC01215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily@uinsby.ac.id2026028101
Subjects: Biografi
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Pernikahan Dini; Hukum Islam; Pemikiran Fauzil Adhim.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ramadhan Nizam
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:38
Last Modified: 08 Jan 2020 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38789

Actions (login required)

View Item View Item