Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Atlas Wali songo, buku pertama yang mengungkap Wali Songo sebagai fakta sejarah, karya Agus Sunyoto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlol, Moch. Abu (2019) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Atlas Wali songo, buku pertama yang mengungkap Wali Songo sebagai fakta sejarah, karya Agus Sunyoto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Abu Fadlol_D91215101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan kejadian-kejadian yang lampau yang pernah dialami manusia, dari sejarah kita bisa belajar apa yang pernah terjadi sehingga dikehidupan sekarang masalah yang telah terjadi dahulu tidak terulang kembali. Dalam penelitian ini peneliti merasa tertarik tentang sejarah wali songo yang ditulis oleh Agus Sunyoto, karena wali songo merupakan tokoh penting dalam penyebaran dan pembentuk pendidikan Islam yang ada di Nusantara. Dalam skripsi ini peneliti memngkaji tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Atlas Wali Songo, permasalahan yang akan dikaji adalah : 1) Bagaimana konsepnilai-nilai pendidikan Islam ?, 2) Apa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkadung dalam buku Atlas Wali Songo (bukupertama yang mengungkap wali songo sebagai fakta sejara) ?, 3) bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Atalas wali songo dengan pendidikan Islam masa sekarang ?. Penulisan skripsi ini berjenis penelitian kepustakaan (library reaseach) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi analisis yang menggunakan data-data dari buku, jurnal-jurnal, dan sumber lain yang masih berkaitan dengan tema penelitian.adapun teknik pengupulan data menggunakan metode domenter. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola piker deduktif. Permasalahan yang dikaji berupa nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Atlas Wali Songo (buku pertama yang mengungkap wali songo sebagai fakta sejarah) karya Agus Sunyoto, kemudia sebagai pisau analisisnya menggunakan nilai-nilai pendidikan Islam secara umum. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Atlas Wali Songo masih sangat raelevan digunakan dizaman ini agar dapat mencetaksiswa-siswayang tidak hanya pandai dalam ilmu pengetahuan, melainkan juga dapat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu nilai-nilai pendidikan dalam buku atlas wali songo lebih menekankan kepada pendidikan yang berbasis akhlak dan pendekatan diri kepada Allah S.W.T. karena pada zaman itu masih dalam penyebaran Islam,maka metode yang dipakai merupakan metode-metode yang lemah lembut dalam penyampaian pelajaran sehingga masyarakat dapat menerima agama Islam dengan lapang dada. Contoh persamaan antara nlai-nilai pendidikan Islam dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam atlas wali songo antara lain adalah adab siswa terhadap guru, dan kewajiban taatnya seorang siswa terhadap guru, kedua nilai ini sangat perlu dan penting kita lestarkan terlebih lagi dizaman yang modern ini banyaknya prilaku-prilaku dari siswa yang kelewatan dalam artian kurang menghargai guru, maka dari itu perlu kita lestarikan pembelajaran yang tidak hanya mentranfer ilmu melainkan kita perlu pula mendidik pesetas didik agar memiliki akhlakul karimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlol, Moch. Abufahrilfadlol@gmail.comD91215101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIED2005076701
Thesis advisorMahmudi, MahmudiUNSPECIFIED2002025501
Subjects: Biografi
Dakwah > Dakwah - Islam
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch. Abu Fadlol
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:21
Last Modified: 08 Jan 2020 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38786

Actions (login required)

View Item View Item