Manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul Ulama 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiro, Atik (2019) Manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atik Nadhiro_D03215003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat dan Bakat melalui Program Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh prestasi dan keberhasilan yang dicapai oleh SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik dalam mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga perlu men-generalisasi-kan (menyimpulkan) hasil penelitian sebagai acuan atau pedoman bagi sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, pengembangan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik dan implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat dan Bakat melalui Program Ekstrakurikuler di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan waka kesiswaan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat dan Bakat melalui Program Ekstrakurikuler sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Peserta Didik di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik dilakukan semaksimal mungkin untuk menfasilitasi dan melayani peserta didik supaya dapat mencetak peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan serta sesuai dengan yang diharapkan oleh lingkungannya, (2) Pengembangan minat dan bakat melalui program ekstrakurikuler di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik bersifat mewadahi kebutuhan dan kesenangan peserta didik sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki, (3) Kegiatan dikelola secara langsung oleh bidang kesiswaan. Perencanaan dimulai dengan penyusunan program kegiatan apa saja yang akan diadakan, penyusunan deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, penetapan jadwal dan tempat pelaksanaan kegiatan; Pengorganisasian dilakukan penentuan susunan keanggotaan serta penerimaan anggota baru kegiatan ekstrakurikuler; Pelaksanaan meliputi latihan rutin dan keikutsertaan lomba yang ada di luar sekolah; Pengawasan meliputi pengawasan terhadap pembina ekkstrakurikuler serta penilaian peserta didik setiap semester.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiro, Atikatiknadhiro10@gmail.comD03215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Minat Siswa
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Manajemen Peserta Didik; Pengembangan Minat dan Bakat; Ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Nadhiro
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:09
Last Modified: 08 Jan 2020 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38783

Actions (login required)

View Item View Item