Perancangan Pusat Olahraga Islami di Bekasi dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Dini Aulia Perwira (2019) Perancangan Pusat Olahraga Islami di Bekasi dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Aulia Perwira Utama_H3215003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fenomena perkembangan olahraga islam di Indonesia terus meningkat begitu cepat dan dinamis karena beberapa faktor, diantaranya ; muslim sebagai mayoritas di Indonesia, muncul beberapa tren perilaku umat muslim seperti hijrah, lei-sharia, dan sportyjab (Yuswohadi,2017) serta banyak berdiri komunitas-komunitas penggeraknya. Faktanya, hal tersebut tidak dibarengi dengan pertumbuhan fasilitas olahraga, khususnya yang mendukung seorang muslim melakukan olahraga islam. Untuk mendukung dan mendorong hal tersebut, direncanakan pusat olahraga islami sebagai fasilitas olahraga yang representatif sesuai dengan syariat islam. Pusat olahraga Islami adalah sebuah tempat yang ditujukan kepada masyarakat sebagai sarana berolahraga dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat didasarkan atas anjuran agama islam untuk memperoleh kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan. Olahraga yang dianjurkan oleh agama islam yaitu berkuda, berenang dan memanah, tertulis dalam hadis shahih riwayat Imam Bukhari dan Muslim. Nabi bersabda: “ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR. Bukhari muslim). Perancangan pusat olahraga islami berlokasi di Kota Bekasi karena memiliki sejarah kota yang religius dengan mayoritas penduduk umat muslim. Perancangan pusat olahraga islami direncanakan dapat mengakomodir kegiatan dan kebutuhan pengguna, untuk mencapai pola hidup yang lebih sehat dan bugar. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengolah alam atau ruang luar agar dapat dinikmati dan menstimulasi pengguna untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Arsitektur Biofilik merupakan solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut, dimana dalam desain biofilik hubungan manusia, alam dan lingkungan menjadi hal yang utama. Kondisi yang dibentuk dari intuisi manusia dan alam ini akan membentuk kondisi lingkungan yang berefek pada manusia yang sehat, bugar dan sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Dini Aulia Perwiradiniapu90@yahoo.comH03215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dini Aulia Perwira Utama
Date Deposited: 10 Jan 2020 06:28
Last Modified: 10 Jan 2020 06:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38775

Actions (login required)

View Item View Item