Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Keajaiban Rezeki karya Tasaro GK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhon, Muhammad (2019) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Keajaiban Rezeki karya Tasaro GK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Romadhon_D01215030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memahami sebuah novel dari segi sastra dan nilai filosofis yang terkandung didalamnya, termasuk dalam memahami novel karya Tasaro GK yang berjudul Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam novel Keajaiban Rezeki, yang dirasa penting untuk diteliti. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengunkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Nilai Pendidikan Karakter dalam novel Keajaiban Rezeki karya Tasaro GK ada 11 nilai pendidikan Karakter yang sama dengan nilai pendidikan karakter. Nilai tersebut antara lain: karakter menghargai kemampuan diri (percaya diri), karakter religius (cinta Allah dan semua Ciptaan-Nya), karakter berbakti kepada orang tua serta menyayangi pasangan dan karakter Khusnudhon dengan Allah, karakter mengasah kreativitas dan imajinasi, nilai karakter selanjutnya menjadi orang kaya yang dermawan dan bermanfaat dan nilai karakter gemar bersedekah, karakter yang berupa akhlak terpuji (Tawakkal, ikhtiyar, syukur, ikhlas dan jujur) ada 2 karakter yaitu ikhtiyar dan jujur yang sesuai dengan nilai pendidikan, Nilai karakter cinta ilmu, karakter menghargai waktu (cepat action) sesuai dengan nilai. yang terakhir karakter meningkatkan kekuatan. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Keajaiban Rezeki Karya Tasaro GK dengan 18 nilai pendidikan karakter yang di kemukakan oleh kemendiknas tahun 2010 ialah dengan paparan bahwa dari 15 nilai pendidikan Karakter yang terdapat dalam Novel “Keajaiban Rezeki” karya Tasaro GK peneliti menemukan 11 nilai pendidikan Karakter yang sama dengan nilai pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Nilai tersebut antara lain.Poin 1. Karakter menghargai kemampuan diri (percaya diri) sesuai dengan poin 7 Kemendikbud yaitu Mandiri, poin ke 2, 3 dan poin 13 tentang karakter religius (cinta Allah dan semua Ciptaan- selanjutnya poin ke 14 nilai karakter menghargai waktu (cepat action) sesuai dengan nilai pendidikan Karakter Kemendikbud pada poin ke 4 tentang sikap Disiplin. Kemudian yang terakhir poin ke 15 tentang meningkatkan kekuatan ini sesuai dengan nilai karakter versi Kemendikbud pada poin ke 9 sikap rasa ingin tahu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhon, Muhammadwesahturuae@gmail.comD01215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChana, LiliekUNSPECIFIED2018126701
Thesis advisorTolchah, MuhammadUNSPECIFIED2005035301
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: Nilai Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Romadhon
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:42
Last Modified: 08 Jan 2020 03:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38774

Actions (login required)

View Item View Item