Peningkatan kemampuan menulis huruf siswa kelompok A melalui media alphabet latter board di PG-RA Asasul Huda Kepuh-Kemiri Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murroh, ST Jumrotul Lailil (2019) Peningkatan kemampuan menulis huruf siswa kelompok A melalui media alphabet latter board di PG-RA Asasul Huda Kepuh-Kemiri Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ST Jumrotul Lailil Murroh_D08215012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kemampuan menulis siswa kelompok A masih kurang. Hal tersebut dikarenakan mengacu pada LKS saja dan kurang memanfaatkan media sehingga pembelajaran kurang berkesan dan monoton. Oleh karena itu peneliti mengunakan media Alphabet Latter Board agar dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media Alphabet Latter Board untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf siswa kelompok A? dan bagaimana meningkatan kemampuan menulis huruf siswa kelompok A menggunakan media Alphabet Latter Board di Pg-Ra Asasul Huda Kepuh- Kemiri Tulangan Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan Peneitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantiatif prosentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Penerapan media Alphabet Latter Board untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf siswa kelompok A terbukti berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai akhir dari penerapan media Alphabet Latter Board sebanyak 80. Nilai tersebut masuk pada kriteria baik dengan penilaian 70-89. 2. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis anak menggunakan media Alphabet Latter Board. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang berkembang pada siklus I 14, 28 (Mulai Berkembang), hasil pada siklus II menjadi 76, 19 (Berkembang Sangat Baik) dan memenuhi indikator yan diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murroh, ST Jumrotul Lailillaililmurroh22@gmail.comD08215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyafi'i, ImamUNSPECIFIED-
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIED2002017001
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis; Media Alphabet Latter Board
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: S.Pd Lailil Murroh ST Jumrotul lailil Murroh
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:50
Last Modified: 08 Jan 2020 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38773

Actions (login required)

View Item View Item