Efektivitas pendistribusian zakat, infaq, sedekah melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) di BAZNAS JATIM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Errinawati, Errinawati (2019) Efektivitas pendistribusian zakat, infaq, sedekah melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) di BAZNAS JATIM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Errinawati_C07215002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah Melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjan (SKSS) Di BAZNAS JATIM” merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana mekanisme pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah Melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) Di BAZNAS JATIM, sejauh manakah manfaat Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) untuk penerima (mustaḥiq) dan bagaimana efektivitas pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) di BAZNAS JATIM. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung dengan informan Kepala Bagian Pendistribusian BAZNAS JATIM dan mustaḥiq penerima program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). Setelah data terkumpul, maka data tersebut di analisis sesuai dengan sumber data yang ada di lapangan yang di hasilkan dari sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS), terdapat alur dalam menyalurkan Program tersebut ke golongan fakir miskin yang berupa dalam bentuk penyaluran konsumtif kreatif dimana penyaluran tersebut berupa bantuan beasiswa untuk anak yang kurang mampu. Dalam alur pendistribusiannya sendiri mencakup pengajuan dari mahasiswa/i, melengkapi berkas-berkas persyaratan SKSS, tim survi dari BAZNAS JATIM, penentuan layak tidaknya, dapat bantuan dan mendatangani surat perjanjian dari BAZNAS JATIM. Untuk manfaat dari pendistribusian bantuan Program Satu Kelurga Satu Sarjana (SKSS) dapat membantu meringkan beban orang tua dalam membayar UKT serta memberikan manfaat untuk adik-adik agar mereka bisa bermanfaat di lingkungan sekitar rumahnya salah satunya dengan Bina Lingkungan. Sedangkan dalam mengukur keefektivitasan, peneliti menggunakan teori tolak ukur dari Ni Wayan Budiani yang mempunyai beberapa variabel meliputi ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program dan monitoring atau pemantau. Dari beberapa variabel tersebut penelitian melakukan analisa dalam pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dan hasilnya dapat dikatakan efektif karena sudah memenuhi variabel-variabel yang terdapat dalam teori Ni Wayan Budiani. Berdasarkan dari hasil penelitian di atas, maka BAZNAS JATIM disarankan untuk selalu mensuport anak-anak yang memiliki tekat kuat untuk belajar karena mereka adalah penerus bangsa, jadi semoga untuk selanjutnya semoga semakin banyak yang di bantu penyaluran melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Errinawati, ErrinawatiErrinawati044@gmail.comC07215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGhozali, Muhammmad Latholifmuhammadlathoif@gmail.com197511032005011005
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Fikih
Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Errinawati Errinawati Irfan
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:50
Last Modified: 09 Jan 2020 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38769

Actions (login required)

View Item View Item