Pengaruh Penerapan Model Production Based Training Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Budi Pekerti Siswa Di MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Artha, Fuad Dwi (2019) Pengaruh Penerapan Model Production Based Training Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Budi Pekerti Siswa Di MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuad Dwi Artha_D91216054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan terkadang Pendidik lupa akan materi pendidikan karakter, akhlak atau budi pekerti dari tiap siswa-siswi. Alhasil banyak sekali lulusan-lulusan yang pintar tetapi akhlah nya kurang, karena di sekolah atau madrasah ditekankan hafalan dan nilai mata pelajaran. Kurikulum 2013 sekarang yang terbaru mencantumkan adanya di setiap mata pelajaran ditanamkan pendidikan karakter dan budi pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah model Production Based Training, model ini sudah pernah diterapkan di jenjang SMK dan ada sebagian yang di SMA, hasil dari siswa-siswi cukup baik karena penerapan model ini dilaksanakan. Model ini menggabungkan dari demonstrasi yang di visualkan di video. Tujuan dari skripsi ini untuk melihat dari para peserta didik bisa menerima model Production Based Training atau tidak, mendesign pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam supaya tidak monoton metode cermaha tetapi di kolaborasi dengan model yang dapat diterima oleh siswa di zaman sekarang dengan di demonstrasikan lalu ditayangkan lewat video, lalu melihat dan menekankan pendidikan karakter dari peserta didik. Peralatan yang dituju oleh peneliti sudah lengkap dan peserta didik juga memadai dalam menangkap ilmu yang diterapkan ini sudah bisa menerapkan langsung. Siswa yang dituju peneliti mulanya budi pekerti sudah baik karena visi misi yang diterapkan oleh pihak Madrasah tetapi peneliti memperkuat penerapan tersebut dan hasilnya budi pekerti siswa siswi tersebut menjadi lebih baik dilihat dari keseharian peserta didik dan juga nilai di rapor yang menunjukkan sikap dan perilaku siswa-siswi. Hasil penelitian dari penerapan model Production Based Training siswa menerima penerapan model tersebut dan budi pekerti sesuai dengan yang diharapkan oleh guru juga visi misi dari pendidikan karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Artha, Fuad Dwifuaddwiartha12@gmail.comD91216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Production Based Training; Budi Pekerti.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Dwi Artha
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:22
Last Modified: 08 Jan 2020 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38766

Actions (login required)

View Item View Item