فعالية استخدام نموذج التعلم التعاوني بروكن تري إينجل لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل السابع بمدرسة سونن كالي جاغا الثانوية الإسلامية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiana, Rofiana (2019) فعالية استخدام نموذج التعلم التعاوني بروكن تري إينجل لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل السابع بمدرسة سونن كالي جاغا الثانوية الإسلامية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofiana_D72215051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa Asing di Indonesia, bukan Bahasa sehari-hari mereka, dan bukan pula Bahasa ibu. Oleh karena itu, para pembelajar Bahasa arab kerap merasakan kesulitan ketika mempelajari Bahasa tersebut. Seperti halnya yang di alami oleh siswa kelas VII MTs Sunan Kalijaga Surabaya, mereka kesulitan dalam menyesuaikan cara menulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah Bahasa arab yang betul seperti kesulitan dalam keterampilan menulis. Dengan adanya kesulitan tersebut, muncul salah satu Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Broken Triangle untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VII A di MTs Sunan Kalijaga Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kemampuan menulis (2) untuk mengetahui pembelajaran melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Broken Triangle untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VII A di MTs Sunan Kalijaga. Untuk menjawab argumen tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII A MTs Sunan Kalijaga Suarabaya, total satu kelas yaitu tiga puluh dua siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bagaimana cara menulis kosa kata dengan benar dalam pemebalajaran Bahasa arab siswa yaitu praktek Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Broken Triangle untuk meningkatkan minat menulis Bahasa arab. Sebab-sebab penerapan adalah interfensi Bahasa, ketinggian dalam generalisasi, kosa kata Bahasa yang baru, penerapan kaidah yang kurang lengkap, asumsi yang salah. Dan solusi untuk meminimalisir keselahan praktek tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning serta salah satu media Broken Triangle untuk meningkatkan minat menulis, nampaknya model dan media tersebut akan mendukung dan menambah pemahaman siswa dalam belajar Bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiana, Rofianarofiana2408@gmail.comD72215051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyafi'i, Safi'iUNSPECIFIED--
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning; Broken Triangle; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: ROFIANA ROFIANA
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:44
Last Modified: 08 Jan 2020 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38752

Actions (login required)

View Item View Item