Implementasi supervisi pendidikan dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di Madrasah Aliyah (MA) Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toyiba, Mochammad I'lam (2019) Implementasi supervisi pendidikan dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di Madrasah Aliyah (MA) Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad I'lam Toyiba_D93215077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Di Madrasah Aliyah (MA) Jabal Noer Geluran Taman. Hal tersebut dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap kepribadian guru yang menyambung pada proses supervisi yang ada di madrasah yakni supervisi pendidikan. Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah memberikan sebuah dorongan serta motivasi bagi peningkatan kompetensi kepribadian guru terutama pada penanaman akhlak. Pembahasan dari penelitian ini memuat tentang pelaksanaan supervisi pendidikan, kompetensi kepribadian guru, dan implementasi pelaksanaan supervisi pendidikan dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pendidikan yang ada di madrasah, untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru, dan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan supervisi pendidikan dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru di MA Jabal Noer Geluran Taman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci yang didukung dengan waka kurikulum, guru mata pelajaran dan juga staff admin. Penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi pendidikan yang dilakukan kepala madrasah dengan peranannya sebagai supervisor sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama yakni setiap satu semester sekali dimana supervisor berperan sebagai pemimpin, motivator, konsultan dan evaluator. (2) Kompetensi kepribadian yang ditandai dengan penerapan indikator dari kompetensi kepribadian itu sendiri yang mana dapat dinilai dari, nilai kedisiplinan, bertindak sesuai norma sosial seperti bertutur kata yang sopan, berpenampilan menarik, berperilaku santun dan lain sebagainya. Bukan hanya dari segi itu saja akan tetapi masih banyak lagi yang lainnya, namun dari semua itu yang paling berperan penting adalah tentang nilai akhlak mulia yang mana ia mampu menjadi eladan bagi anak didiknya. (3) dan kemudian adalah implementasi atau pelaksanaan supervisi pendidikan dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru terdapat peningkatan terhadap kompetensi kepribadian guru yang terbukti dengan hasil rekapan penilaian supervisi dan dapat diketahui bahwa guru mengalami peningkatan kompetensi kepribadian dengan tingkat keterlambatan guru yang menurun dari sebelumnya dilakukan kegiatan supervisi yakni berjumlah 5 orang, menjadi 2 orang. Selain itu dari segi religiusitas guru lebih intens dalam penanaman kepribadian keagamaan setelah adanya kegiatan supervisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toyiba, Mochammad I'lammochammadthoyyibah@gmail.comD93215077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kepribadian
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mochammad I'lam Toyiba
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:11
Last Modified: 08 Jan 2020 03:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38716

Actions (login required)

View Item View Item