Pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nurul (2019) Pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Azizah_C07215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Produktif di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengelolaan dan pengembangan wakaf di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang? Dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengelolaan dan pengembangan SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang?, serta bagaimana peran nadzir dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan penelitian yang akan menghasilkan data deskriptif berupa data-data yang tertulis ataupun lisan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang dan Majelis Wakaf dan Kehartabendaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jombang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan wakaf produktif di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang berpedoman pada aspek pengelolaan wakaf produktif yaitu, 1) aspek kelembagaan, 2) aspek manajemen nadzir, 3) aspek transparansi dan akuntabilitas. SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang mengelola aset wakaf sepenuhnya digunakan untuk pendidikan pesantren. Pengembangan wakaf Produktifnya dengan mengembangkan bangunan-bangunan baru dan sistem pendidikan yang sudah bertaraf internasional, serta pembiayaan yang ada menggunakan model tradisional yaitu model menciptakan wakaf baru untuk melengkapi wakaf yang lama dan penyewaan lahan sawah. Faktor pendukung pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di SMP MBS Jombang dilihat dari sisi internal dan eksternalnya, dari sisi internalnya adalah proses pembelajaran yang berkualitas, sedangkan faktor eksternalnya adalah adanya dukungan dari pihak luar dari pesantren yaitu pemerintah kota ataupun desa. Adapun faktor yang menghambat pengelolaan dan pengambangan wakaf produktif dilihat dari faktor internalnya adalah masih kurangnya sarana prasarana dan untuk faktor eksternalnya adalah faktor administrasi tanah wakaf. Upaya nadzir dalam pengelolaannya adalah dengan memanfaatkan tanah wakaf dengan kegiatan yang positif dan tidak menyeleweng dari agama. Sedangkan untuk pengembangan yang diupayakan nadzir adalah dengan membuat peluang bisnis untuk kemajuan SMP Muhammadiyah Boarding School. Upaya SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang ataupun Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jombang sebagai nadzir melaksanakan perannya sesuai dengan Undang-undang yang ada, akan tetapi ada satu tugas yang belum terlaksana yaitu pelaporan tugas yang dilakukan nadzir ke BWI.
Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar dapat meneliti lebih dalam lagi terkait Manajemen Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nurulzhiezava@gmail.comC07215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Fikih
Pemberdayaan
Wakaf
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Pengembangan; Wakaf Produktif.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nurul Azizah Al-Ghozali
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:11
Last Modified: 09 Jan 2020 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38710

Actions (login required)

View Item View Item