Penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas V MI Miftahul Anwar I Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifuddin, Achmad (2019) Penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas V MI Miftahul Anwar I Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Syarifuddin_D07215001.pdf

Download (12MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas V MI Miftahul Anwar I Pamekasan, melatar belakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V bahwa pembelajaran matematika selama ini jarang menerapkan model pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika materi pecahan kelas V MI Miftahul Anwar I Pamekasan. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pembelajaran matematika pecahan pada peserta didik kelas V MI Miftahul Anwar I Pamekasan Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang telah dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Anwar I Pamekasan. Teknik pengumpulan data terdiri observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian terdiri lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan guru, pedoman wawancara siswa dan guru, dan rubrik penilaian tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berjalan optimal, dibuktikan dengan hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 74,2 (baik) meningkat menjadi 82,8 (baik) pada siklus II. Hasil aktivitas siswa pada siklus II sebesar 70 (baik) meningkat menjadi 81,4 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada Siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,3 dengan persentase sebesar 60%, saat dilakukan di siklus II sehingga mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 71,3 dengan persentase keberhasilan sebesar 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifuddin, Achmadsyarifbuhan@gmail.comD07215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Authorwahyuniati, wahyuniatiUNSPECIFIED198504292011012010
Authorwachidah, nurUNSPECIFIED197212152002122002
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar; Materi Pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Buhan
Date Deposited: 07 Jan 2020 09:03
Last Modified: 07 Jan 2020 09:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38706

Actions (login required)

View Item View Item