Penggunaan Media Konkret untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi Debit siswa Kelas V MI Al Hidayah Margorejo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marina, Weni (2019) Penggunaan Media Konkret untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi Debit siswa Kelas V MI Al Hidayah Margorejo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Weni Marina_D97216090.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika materi debit kelas V MI Al Hidayah Surabaya melatar belakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V bahwa pembelajaran matematika selama ini jarang menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu belajar. Sehingga peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media konkret. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penggunaan media benda konkret untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi debit siswa kelas V MI Al Hidayah Surabaya. 2) mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kreatif materi debit siswa kelas V MI Al Hidayah Surabaya menggunakan media konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang telah dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Hidayah Surabaya. Teknik pengumpulan data terdiri observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes keterampilan berpikir kreatif. Instrumen penelitian terdiri lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan guru, pedoman wawancara siswa dan guru, rubrik tes keterampilan berpikir kreatif, dan rubrik penilaian keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media benda konkret untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif sudah benar sesuai teori-teori dibuktikan dari nilai aktivitas belajar siswa dari siklus I diperoleh 76,5 meningkat pada siklus II menjadi 90,3. Dan nilai aktivitas guru pada siklus I diperoleh 82,75 meningkat pada siklus II menjadi 95,1. 2) Dalam peningkatan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa semakin meningkat dibuktikan nilai rata-rata pada siklus I diperoleh 70,2 dengan persentase 45,4% atau 5 siswa yang tuntas. Dan meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 92 dengan persentase 91% atau 10 siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marina, Weniwenimarinna@gmail.comD97216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIED198504292011012010
Thesis advisorWachidah, NurUNSPECIFIED197212152002122002
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Weni Marina
Date Deposited: 07 Jan 2020 09:09
Last Modified: 07 Jan 2020 09:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38695

Actions (login required)

View Item View Item