Peningkatan kemampuan melompat dengan satu kaki melalui permainan tradisional Engklek pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Pulorejo kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marhumah, Za'imatul (2019) Peningkatan kemampuan melompat dengan satu kaki melalui permainan tradisional Engklek pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Pulorejo kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaimatul Marhumah_D98214065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kemampuan anak kelompok A dalam melompat dengan satu kaki di TK Dharma Wanita Pulorejo. Hal ini dapat ditunjukkan oleh hasil skor rata-rata observasi awal (sebelum penelitian) atas kemampuan anak dalam melompat dengan satu kaki sebesar 35,0 dan dalam kriteria mulai berkembang (MB) dari skor ideal 75,0 dan dalam kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui permainan tradisional engklek pada anak kelompok A, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak kelompok A dalam melompat dengan satu kaki melalui permainan tradisional engklek. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri atas tiga pertemuan. Rancangan PTK ini menggunakan model Kemmis & Taggart, yang mana setiap siklus terdapat tiga tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan dan pengamatan (acting and observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan pada 21 anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Pulorejo Kota Mojokerto. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menghitung rerata (mean) dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran melalui permainan tradisional engklek pada anak kelompok A berjalan dengan baik, ditunjukkan oleh skor observasi aktivitas guru dan anak yang mengalami peningkatan, yaitu aktivitas guru meningkat dari 70,0 pada Siklus I menjadi 95,0 pada Siklus II, sedangkan aktivitas anak meningkat dari 70,8 pada Siklus I menjadi 95,8 pada Siklus II, dan (2) Kemampuan melompat dengan satu kaki melalui permainan tradisional engklek pada anak kelompok A meningkat secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan kemampuan anak dalam melompat dengan satu kaki melalui permainan tradisional engklek dan peningkatan ketuntasan klasikal, yaitu: Saat Pra Siklus, 35 dalam kriteria MB dengan ketuntasan klasikal 0,0%; saat akhir Siklus I, 51 dalam kriteria BSH dengan ketuntasan klasikal 52,4%; dan saat akhir Siklus II, 80 dalam kriteria BSB dengan ketuntasan klasikal 90,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marhumah, Za'imatulzaim.marhumah@gmail.comD98214065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMas'ud, SultonUNSPECIFIED197309102007011017
Thesis advisorMusthofa, M. BahriUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Za'imatul Marhumah
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:41
Last Modified: 07 Jan 2020 08:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38688

Actions (login required)

View Item View Item