Analisis Learning Obstacle siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizin, Mohammad (2019) Analisis Learning Obstacle siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Faizin_D74214038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Learning Obstacle adalah suatu gejala yang nampak pada siswa dengan ditandai pada hasil belajar rendah dibanding dengan prestasi yang dicapai sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran terperinci mengenai learning obstacle siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sidoarjo pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VIII menggunakan teknik purpose sampling, terdiri dari 6 subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemecahan masalah dengan materi pola bilangan dan lembar pedoman wawancara. Hasil tes tertulis dianalisis berdasarkan indikator learning obstacle. Sedangkan hasil wawancara dilakukan reduksi data terlebih dahulu, kemudian disajikan dalam bentuk skema dan naratif selanjutnya disimpulkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi tidak mengalami learning obstacle. Siswa yang memiliki kemampuan awal sedang mengalami learning obstacle pada kecenderungan menggunakan konteks bahasa alamiah dan kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif. Siswa yang memiliki kemampuan rendah mengalami learning obstacle pada semua indikator yaitu kecenderungan menggunakan konteks bahasa alamiah, kecenderungan membuat generalisasi dan kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizin, Mohammadaispoetra3@gmail.comD74214038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Learning obstacle; Kemampuan awal siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohammad Faizin
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:39
Last Modified: 07 Jan 2020 06:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38686

Actions (login required)

View Item View Item