Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas layanan pembelajaran di MAN 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Kiki Anita (2019) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas layanan pembelajaran di MAN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Anita Rahmawati_D93215044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas layanan pembelajaran di MAN 1 Mojokerto. Hal ini karena kondisi siswa yang kurang memanfaatkan sarana dan prasarana madrasah dan kualitas layanan pembelajaran . Hal ini untuk mengetahui gambaran seberapa besar pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas layanan pembelajaran di MAN 1 Mojokerto. Karena untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa komponen-komponen yang berkaitan dengan pembelajaran, antara lain adalah guru, peserta didik, pembina sekolah, sarana dan prasarana, dan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tentang pertanyaan rumusan masalah: Bagaimana manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto, Bagaimana layanan pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Bagaimana pengaruh manajemen sarana dan prasana terhadap peningkatkan kualitas layanan pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Untuk memperkuat penelitian ini maka digunakan beberapa teori yng mencakup dua variabel diatas, serta penjelasan mengenai pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas layanan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif teknik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup, dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Mojokerto yang berjumlah 180 orang. Berdasarkan hasil perhitungan analisis SPSS Versi 16 dengan menggunakan rumus regresi linier. Hasil analisis regresi linier bahwa manajemen sarana dan prasarana dipengaruhi oleh kualitas layanan pembelajaran. Kemudian hasil uji t menyatakan t hitung sebesar 9,623 lebih besar dari t tabel 7,120 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya “ adanya pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas layanan pembelajaran. Kesimpulannya, semakin baik tingkat manajemen sarana dan prasarana, maka dapat berpengaruh terhadap kualitas layanan pembelajaran di MAN 1 Mojokerto. Dari hasil penelitian disarankan kepada pihak madrasah hendaknya para guru lebih meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh madrasah sehingga pembelajaran berjalan dengan optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Kiki Anitakiki.anita53@gmail.comD93215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com196404071998031003
Thesis advisorHuda, M. Nurilreal_bjn80@yahoo.com198006272008011006
Subjects: Layanan
Manajemen
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sarana dan Prasarana; Layanan Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kiki Anita Rahmawati
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:52
Last Modified: 07 Jan 2020 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38682

Actions (login required)

View Item View Item